PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI ERA REVOLUSI 4.0

Rulitawati, Rulitawati and Zulhimma, Zulhimma (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI ERA REVOLUSI 4.0. In: PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL “Tantangan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Islam dan Bahasa Melayu di Era Revolusi 4.0”, 4-6 November 2019, Kampus CIS PSU Pattani-Thailand dan Perpustakaan Tuanku Bainun UPSI Malaysia.

[img] Text
37. Rulitawati, Zulhimma_Peran Kepala Sekolah_hal.399–404.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler dalam lembaga pendidikan sangatlah penting. Untuk menghadapi persaingan di era revolusi 4.0, kepala sekolah harus berinovasi dalam memajukan lembaga yang di pimpinya. Kemudian kepala sekolah juga harus memotivasi para guru untuk melaksana kegiatan ekstrakurikuler belum optimalnya manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler siswa, seperti seharusnya kepala ikut serta dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sersebut dia adakan. Di era Revolusi Industri 4.0 lembaga pendidikan dituntut untuk meluluskan siswa/siswi yang memiliki kemampuan adaptif terhadap perubahan yang makin sering terjadi. Kemampuan tersebut antara lain meliputi kemampuan menyelesaikan masalah yang makin kompleks, berpikir kritis, kreatif, mampu menghadapi tantangan global yang baik, serta memiliki kemampuan koordinasi yang baik. Lulusan sekolah juga diharapkan harus punya skill (keahlian) yang baik, kemampuan berkarya dalam mengahdapi tantangan global, menjadikan suatu dorongan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah untuk berinovasi dalam mencetak generasi yang mampu berkarya. Pentingya peranan kegiatan ekstrakurikuler bagi sekolah, maka membutuhkan pengawasan yang efektif harus dilakukan oleh kepala sekolah, supaya kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan tercapai sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan diinginkan oleh sekolah yaitu, mengembangkan potensi peserta didik melalui kegiatan eksrtakurikuler baik dari segi sosial kemasyarakatan maupun relegius.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:05
Last Modified: 12 Mar 2020 03:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item