PENGARUH KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI JAMBI

RISLAINI, RISLAINI and Salim, Agus and Masburiyah, Masburiyah (2022) PENGARUH KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI JAMBI)
105170593 PENGARUH KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Kemampuan Sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan publik di kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi. Sebagai tujuan antaranya untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan publik di kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi dan proses pelayanan yang diberikan oleh pihak layanan kepada penerima layanan di kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi.. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: (1) Berdasarkan perhitungan rxy atau koefisien korelasi Product moment menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif sebesar (0,605) dengan tingkat signifikan (0,00) antara kemampuan sumber daya manusia dengan kualiatas Pelayanan Publik pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi. Dikarenakan rhitung lebih besar dari rtabel maka hipotesis awal yang dinyatakan sebelum penelitian dapat diterima; (2) Terdapat pengaruh kemampuan sumber daya manusia yang signifikan terhadap kualitas pelayanan publik pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi dikarenakan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,605 > 0,242) dan nilai signifikan (0,00<0,05). Adapun tingkat pengaruhnya sebesar 36,6 % sedangkan sisanya sebanyak 63,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari hasil penelitian ini seperti inovasi dan kompetensi sumber daya manusia. Berdasarkan penilaian responden tentang proses pelayanan yang diberikan pegawai pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi menunjukkan bahwa jawaban responden tentang proses pelayanan yang diberikan oleh pegawai kepada masyarakat dari 45 responden terdapat 29 orang atau 64% menilai baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kemampuan, SDM, Pelayanan Publik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:49
Last Modified: 14 Feb 2022 03:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10948

Actions (login required)

View Item View Item