PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE (STUDI KASUS E-COMMERCE SOCIAL MEDIA INSTAGRAM)

Nurwachidah, Sherly and Bafadhal, Husin and Sasnifa, Pidayan (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE (STUDI KASUS E-COMMERCE SOCIAL MEDIA INSTAGRAM). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce (Studi Kasus E-Commerce Social Media Instagram))
SKRIPSI SHERLY NURWACHIDAH.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkapkan dua hal utama, yaitu : (1) untuk mengetahui apakah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dapat melindungi konsumen dalam transaksi e-commerce. (2) untuk mengetahui transaksi e-commerce dalam perspektif Islam. Untuk mencapai tujuan itu, maka skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrument pengumpulan data berupa : (1) penelitian kepustakaan (library research) (2) penelitian lapangan meliputi : wawancara dan dokumentasi. Dengan pendekatan tersebut maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) Peraturan yang digunakan untuk melindungi hak-hak konsumen selama ini adalah Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen (UUPK), namun undang-undang ini tidak secara khusus mengatur mengenai hak-hak konsumen dalam transaksi jual beli online akan tetapi lebih condong kepada jual beli konvensional. Di samping itu pula yang menjadi ruang lingkup pelaku usaha dalam UUPK hanyalah yang bergerak di dalam wilayah hukum Indonesia di mana sangat bertentangan dengan karakteristik e-commerce yang dapat bersifat lintas negara (bordeless). Maka dari itu undang-undang yang berlaku di Indonesia saat ini belum cukup mampu mengakomodir hak hak konsumen khususnya dalam bertransaksi secara online. (2) Dalam Islam bentuk interaksi sesama manusia (muamalah) dalam bidang ekonomi diperbolehkan sejauh tidak ada dalil yang menentukan keharamannya. Dimana jika telah sesuai rukun dan syarat sah jual beli dalam Islam maka hal itu tidak haram untuk di lakukan. Pandangan hukum Islam terhadap e-commerce itu sendiri ialah diperbolehkan karena memiliki karakteristik yang sama dengan as-salam karena keabsahannya telah ditentukan berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan kaidah hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Transaksi E-Commerce.
Subjects: 2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Saham dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:47
Last Modified: 17 Feb 2022 02:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item