Penerapan Multi Metoda pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa

Gusmira, Eva (2014) Penerapan Multi Metoda pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Edu-Physics, 5 (7). pp. 75-90. ISSN 2087-8206

[img] Text (Penerapan Multi Metoda pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa)
jurnal_edu2014.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (Turnitin)
Plagiasi_edu5.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
[img] Text (Peerreview)
peerReview5.pdf - Supplemental Material

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimanakah motivasi dan prestasi mahasiswa setelah penerapan pembelajaran Multi Metode yaitu metode presentasi, diskusi, pemberian reward (poin) pada mata kuliah Fisika Lingkungan di semester V (lima) Tahun Ajaran 2014/2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari tiga siklus yang diterapkan, dapat dilihat pada evaluasi nilai post test, rata-rata mahasiswa mendapatkan nilai yang baik. Pada siklus I adalah 54,3 pada siklus II adalah 68,43, dan pada siklus III adalah 82,73, prosentase nilai mahasiswa pada siklus I sebesar 37,5%, pada siklus II sebesar 75%, pada siklus III sebesar 83,3%. Peningkatan hasil belajar mahasiswa dari siklus I ke siklus II sebesar 0,31 dan siklus II ke siklus III sebesar 0,45 yang terlihat dari skor gain. Motivasi mahasiswa mengikuti perkuliahan dilihat dari nilai keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan, pada siklus I rata-rata keaktifan mahasiswa adalah 56,72 pada siklus II adalah 67,2 dan pada siklus III adalah 85,93, nilai ini menunjukkan mahasiswa sudah tergolong aktif dalam mengikuti perkuliahan. Prosentase peningkatan nilai mahasiswa pada siklus I sebesar 37,5%, pada siklus II sebesar 75%, pada siklus III sebesar 90,3%. Skor gain peningkatan keaktifan belajar mahasiswa dari siklus I ke siklus II sebesar 0,24 dan siklus II ke siklus III sebesar 0,57. Hal ini berarti mahasiswa sudah semangat dalam belajar dan Multi Metode ini sudah berhasil. Fungsi dari penelitian ini adalah sebagai konstribusi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Article
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Multi Metode, Presentasi, pemberian poin, motivasi, hasil belajar Fisika Lingkungan
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Depositing User: Fakultas Sains dan Teknologi
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:43
Last Modified: 13 Apr 2022 04:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10946

Actions (login required)

View Item View Item