PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DAN LUAR JARINGAN DI SMPN 1 MUARO JAMBI

Lestari, Ika and Risnita, Risnita and Oryza, Diandara (2021) PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DAN LUAR JARINGAN DI SMPN 1 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Perbedaan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Dengan Menggunakan Pembelajaran Dalam Jaringan Dan Luar Jaringan Di SMPN 1 Muaro Jambi)
207172977 Perbedaan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Dengan Menggunakan Pembelajaran Dalam Jaringan Dan Luar Jaringan Di SMPN 1 Muaro Jambi-lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbedaan minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan menggunakan pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan di SMPN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kegiatan pembelajaran secara daring masih kurang efektif diberlakukan, dikarenakan beberapa factor seperti jaringan internet yang kurang stabil, terkendala kuota internet dan kegiatan pembelajaran luring terdapat rendahnya minat belajar siswa, dikarenakan media yang digunakan guru kurang menarik perhatian siswa, metode dan model pembelajaran kurang bervariasi, materi yang diajarkan cukup banyak dengan durasi waktu yang sedikit.. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa antara pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Expost Facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan Peneliti dalam penelitian yaitu berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran dilakukan secara daring dan luring, dimana minat belajar siswa lebih tinggi dengan proses pembelajaran dilakukan secara luring dengan rata-rata nilai yaitu saat pembelajaran daring hanya 68, sedangkan saat pembelajaran luring 83,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara pembelajaran daring dan pembelajaran luring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kata Kunci : Minat Belajar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:47
Last Modified: 07 Feb 2022 03:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10928

Actions (login required)

View Item View Item