IDENTIFIKASI KENDALA BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI TA 2020/2021

Windia Sari, Feny and Musyaddad, Kholid and Oryza, Diandara (2021) IDENTIFIKASI KENDALA BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI TA 2020/2021. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (IDENTIFIKASI KENDALA BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI TA 2020/2021)
IDENTIFIKASI KENDALA BELAJAR MAHASISWA fix 1 (1).pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Identifikasi Kendala Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Program Studi Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi TA 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apa saja kendala belajar yang di alami mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring di Tadris Biologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi TA 2020/2021 (2) Untuk mengetahui apa saja faktor penyebab kendala belajar mahasiswa Tadris Biologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi TA 2020/2021.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kendala belajar yang terdiri dari indikator minat belajar, kemampuan belajar, kedisplinan mahasiswa, dukungan orang tua, sulit untuk memahami pelajaran, sistem pengajaran, & kelompok belajar memiliki kendala belajar yaitu mahasiswa kurang bersemangat dan tidak tertarik dalam pembelajaran daring di karenakan mahasiswa tidak menyukai metode dosen mengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga mahasiswa tidak memahami materi yang di sampaikan oleh dosen melalui pembelajaran daring. Faktor yang menyebabkan mahasiswa mengalami kendala belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhinya yaitu kurangnya perhatian dalam belajar (kosentrasi), kurangnya partisipasi dan respon mahasiswa saat mengikuti kegiatan belajar secara daring (reaksi). Lambatnya mahasiswa dalam memahami materi (pemahaman). Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhinya yaitu terlelak pada efektifitas proses belajar mengajar dan juga faktor kendala teknis seperti jaringan internet yang tidak stabil, kuota yang terbatas dan faktor lingkungan tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kendala Belajar, Pembelajaran Daring.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:15
Last Modified: 07 Feb 2022 03:15
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10917

Actions (login required)

View Item View Item