ANALISIS TRANSAKSI JUAL BELI PETANI KARET DAN TOKE KARET DI DESA BUKIT BUMI RAYA KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN

Nurdiansyah, Nelly and Subhan, Muhammad and Tarmizi, A (2022) ANALISIS TRANSAKSI JUAL BELI PETANI KARET DAN TOKE KARET DI DESA BUKIT BUMI RAYA KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS TRANSAKSI JUAL BELI PETANI KARET DAN TOKE KARET DI DESA BUKIT BUMI RAYA KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN)
SKRIPSI NELLYNURDIANSYAH PDF.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui transaksi jual beli petani karet dan toke karet di Desa Bukit Bumi Raya Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengancara reduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian bahwa (1) transaksi jual beli yang dilakukan petani karet dan toke karet di Desa Bukit Bumi Raya Kecamatan Singkut Kabupaten sarolangun, (2) penimbangan getah karet yang dilakukan oleh toke karet di Desa Bukit Bumi Raya. Hasil menunjukkan bahwa: Jual beli, proses pemindahan hak milik, barang atau harta kepada pihak lain dengan menggunakan uang sebagai alat tukar, dalam proses jual beli biasanya melibatkan antara dua orang atau lebih dengan suatu perjanjian atau persetujuan terlebih dahulu. Transaksi jual beli di Desa Bukit Bumi Raya Kec. Singkut Kab. Sarolangun belum sepenuhnya menetapkan sistem transaksi sesuai dengan hukum islam dan masih banyak juga yang melakukan tindakan kecurangan pada pembeli begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Transaksi, Jual beli, timbangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:19
Last Modified: 07 Feb 2022 01:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10906

Actions (login required)

View Item View Item