Ayu, Septiani and El Widdah, Minnah and Yulia Sari, Sri (2022) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL MELALUI MEDIA KLIPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV SIMPANG KAPUK KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL MELALUI MEDIA KLIPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 31/IV SIMPANG KAPUK KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI)
SKRIPSI AYU SEPTIANI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini apakah penggunaan media Kliping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada muatan IPA di SDN 31/IV Simpang Kapuk Kecamatan Jelutung Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan media Kliping (gambar) dapat meningkatkan prestasi belajar muatan IPA kelas IV Tema Kayanya Negeriku dengan Materi kekayaan sumber energy di Indonesia dan pemanfaatan kekayaan alam Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Classroomaction research (PenelitianTindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 31/IV Kecamatan Simpang Kapuk Kota Jambi. yang berjumlah 20 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitudengan cara observasi,tes tertulis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Kliping(Gambar) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada muatan IPA di SDN 31/IV Kecamatan Simpang Kapuk Kota Jambi.. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada tiap-tiap siklus Dimana pada kemampuan awal (pretest )diperoleh hasil belajar dengan rata-rata siswa pada siklus I adalah 60,33 dan pada siklus II 83,33 dengan persentase siswa yang telah berhasil dalam belajar pada siklus I 30% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Begitu juga pada penilaian sikap dan unjuk kexja siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I sikap siswa yang dikategorikan kurang baik ada 36,67%, cukup 41,67%, Baik l8,33% dan siswa yang dikategorikan memiliki sikap sangat baik sebanyak 3,33%. Pada siklus II mengalami peningkatan pada sikap siswa yang dikategorikan baik (61,67%) dan sangat baik (35%), tidak ditemukan sikap siswa yang kurang baik pada siklus II sedangkan kategori cukup menurun menjadi 3,33% dari siklus sebelumnya.Penilaian unjuk kerja siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I unjuk kerja dalam mengamati gambar yang dikategorikan baik sekali ada 1 1,67%, baik ada 23,33%, cukup ada 4 1 ,67% dan siswa yang masih perlu bimbingan ada 23,33%. Pada siklus II mengalami peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas di mana siswa yang perlu birnbingan guru persentasenya menurun menjadi 3,33%, siswa yang memiliki kemampuan cukup juga menurun menjadi 11,67%, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan baik meningkat menjadi 46,67%, begitu juga siswa yang memiliki kemampuan sangat baik meningkat menjadi 38,38% pada siklus II ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media Kliping, Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:21
Last Modified: 27 Jan 2022 06:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10881

Actions (login required)

View Item View Item