MENEGUHKAN JATIDIRI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Padli, Muhamad (2020) MENEGUHKAN JATIDIRI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In: PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL “Tantangan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Islam dan Bahasa Melayu di Era Revolusi 4.0”, 4-6 November 2019, Kampus CIS PSU Pattani-Thailand dan Perpustakaan Tuanku Bainun UPSI Malaysia.

[img] Text
28. Muhamamd Padli_Meneguhkan Jatidiri Pendidikan Islam_hal.301–310.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Pemaparan tulisan ini berupaya memberikan tawaran solutif, konstruktif kepada pendidikan Islam dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Sebagaimana dikertahui bersama, bahwa era 4.0 membawa dampak yang luas dalam segala lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Era yang melahirkan fenomena disruption ini menuntut dunia pendidikan Islam untuk turut menyesuaikan diri. Lulusan pendidikan Islam kini dihadapkan pada tantangan, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap sistem, tata kelola, kurikulum, kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, budaya, etos kerja, dan lain-lain. Jika tidak demikian, pendidikan Islam akan semakin tertinggal dan usang. Oleh karena itu, perlu dicari langkah-langkah kongkrit bagi pendidikan Islam agar mampu tetap bersaing di era disrupsi ini. Langkah solutifnya adalah dengan turut mendisrupsikan diri, hal tersebut dimaksudkan agar pendidikan Islam tidak ketinggalan selain itu juga sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas dalam pendidikan Islam di era disrupsi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords / Katakunci: Pendidikan Islam, Disrupsi, Revolusi Industri 4.0
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Mar 2020 04:38
Last Modified: 26 Aug 2020 07:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item