KOLB’S LEARNING CYCLE: AN ALTERNATIVE STRATEGY FOR ENTREPRENEURSHIP STUDENT ISLAMIC AT PONDOK PESANTREN IN DEALING WITH REVOLUTION 4.0

Utama, Esen Pramudya and Sitorus, Junianto (2020) KOLB’S LEARNING CYCLE: AN ALTERNATIVE STRATEGY FOR ENTREPRENEURSHIP STUDENT ISLAMIC AT PONDOK PESANTREN IN DEALING WITH REVOLUTION 4.0. In: PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL “Tantangan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Islam dan Bahasa Melayu di Era Revolusi 4.0”, 4-6 November 2019, Kampus CIS PSU Pattani-Thailand dan Perpustakaan Tuanku Bainun UPSI Malaysia.

[img] Text
21. Esen Pramudya Utama, Junianto_Kolb’s Learning Cycle_hal.229-230.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan kewirausahaan menjadi hal yang sangat penting di masa revolusi industry 4.0, tak terkecuali di pondok pesantren. Banyak berkembang pondok pesantren yang mengunggulkan program pesantren wirausaha. Yaitu dalam rangka mencetak santri bernilai tambah, santri yang mempunyai kemampuan bisnis atau berwirausaha. Karya ini bertujuan untuk menyajikan ide-ide David Kolb tentang gaya belajar dan juga uraiannya model empiris -the Learning Cycle- sebagai strategi alternatif untuk cara pengajaran kewirausahaan. Keempat gaya atau jenis pembelajaran yang diidentifikasi oleh Kolb berasal dari cara pelajar atau santri memandang dan memproses informasi baru mengenai kewirausahaan.Salah satu desain pembelajaran kewirausahaan santri yang ditawarkan untuk mencoba menyusun langkah-langkah pembelajaran yang mengakomodir semua gaya belajar David Kolb, baik diverger, assimilator, konverger, ataupun akomodator demi mewujudkan pembelajaran yang efektif. Desain pembelajaran ini terdiri dari empat tahap, yaitu motivasi, pengembangan konsep, praktik, dan aplikasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords / Katakunci: Pendidikan Kewirausahaan Pondok Pesantren, Learning Cycle Kolb, Kewirausahaan Santri
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:05
Last Modified: 11 Mar 2020 03:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item