PERAN DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI KABUPATEN BATANGHARI DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH SANGGAR SONGKET NAGOSARI DI DESA PENEROKAN

ARTATI, DIAN and Mubyarto, Novi and Fielnanda, Refky (2020) PERAN DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI KABUPATEN BATANGHARI DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH SANGGAR SONGKET NAGOSARI DI DESA PENEROKAN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERAN DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI KABUPATEN BATANGHARI DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH SANGGAR SONGKET NAGOSARI DI DESA PENEROKAN)
EES.160351 Judul - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Batanghari merupakan salah satu instansi yang membina Industri Kecil dan Menengah salah satu nya adalah Industri kerajinan songket yang ada di Desa Penerokan, Akan tetapi Dinas Perindagkop kurang perhatian dan kurang melakukan pembinaan sebagaimana mestinya, padahal dengan adanya pengembangan Industri ini dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Batanghari dalam Mengembangkan Industri Kecil dan Menengah Sanggar songket Nagosari di Desa Penerokan, serta untuk mengetahui kendala apa saja yang menyebabkan pengembangan IKM ini sulit di lakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi wawancara dan studi dokumentasi. Penentuan informasi ini diperoleh melalui teknik puposive sampling. Seperti kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Batanghari, Kepala Bidang perindustrian, kepala pengembangan industri dan staff serta kepada pemilik sanggar songket tersebut. Hasil penelitian didapatkan bahwa peran dinas perindustrian perdagangan dan koperasi ini sangat diperlukan dlaam pengembangan IKM songket ini. Walaupun belum begitu efektif diharapkan nantinya bisa lebi baik lagi dalam melakukan pembinaan, walaupun kendala kendala yang dihadapi cukup rumit, Dinas Perindustrian Perdagangan dapat mengupayakan pembinaan dan kebutuhan Sanggar sesuai dengan kebijakan agar pengembangan IKM ini bisa lebih baik bagi perekonomian kedepan nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: peran, industri kecil dan menengah, pengembangan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:46
Last Modified: 06 Dec 2021 07:46
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10722

Actions (login required)

View Item View Item