EFEKTIFITAS PEMBERIAN DANA BERGULIR KELOMPOK SIMPAN PINJAM PEREMPUAN UNTUK PENGEMBANGAN UMK DI DESA RANTAU MAKMUR KECAMATAN BERBAK

WAKIDATUN, NURUL and Pangiuk, Ambok and Addiarrahman, Addiarrahman (2021) EFEKTIFITAS PEMBERIAN DANA BERGULIR KELOMPOK SIMPAN PINJAM PEREMPUAN UNTUK PENGEMBANGAN UMK DI DESA RANTAU MAKMUR KECAMATAN BERBAK. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBERIAN DANA BERGULIR KELOMPOK SIMPAN PINJAM PEREMPUAN UNTUK PENGEMBANGAN UMK DI DESA RANTAU MAKMUR KECAMATAN BERBAK)
160530 EFEKTIFITAS PEMBERIAN DANA BERGULIR KELOMPOK SIMPAN PINJAM PEREMPUAN UNTUK PENGEMBANGAN UMK DI DESA RANTAU MAKMUR KECAMATAN BERBAK.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Efektifitas merupakan hubungan antara output dengan tujuan, semakin besar kontribusi (sumbangan) output terhadap pencapaian tujuan, maka semakin efektif organisasi, program atau kegiatan. PNPM adalah program untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan. Untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri mulai tahun 2007. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana efektifitas program PNPM untuk pengembangan UKM di Desa Rantau Makmur Kec. Berbak. Jenis penelitian ini adalah Field Research (Penelitian Lapangan) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua kelompok mengalami peningkatan dan tidak efektif. Kendala yang dihadapi oleh PNPM Mandiri Pedesaan dalam sosialisasi program SPP dilatar belakangi oleh sikap ketidak pedulian masyarakat terhadap program pemerintah, rendahnya minat masyarakat untuk usaha, terlambatnya pencairan dana SPP dan banyaknya masyarakat yang menyalah gunakan dana SPP. Ketiga, upaya yang telah dilakukan untuk menarik minat masyarakat agar ikut serta dalam program PNPM Mandiri Pedesaan yaitu: usaha yang akan dijalankan tidak ditentukan, dan pengajukan kelompok Simpan Pinjam Perempuan tidak di batasi terkecuali PNS dan perangkat desa, dan bisa menambah jumlah pinjaman dari sebelumnya jika angsuran Simpan Pinjam Perempuan periode sebelumnya lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Efektifitas, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat, Simpan Pinjam Perempuan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 26 Nov 2021 11:54
Last Modified: 26 Nov 2021 11:54
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item