ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI LAZNAS BAITUL MAAL HIDAYATULLAH DALAM MENGHIMPUN DANA ZAKAT UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DHUAFA KOTA JAMBI

WILDAN ‘AFIF, MUHAMMAD and Tarmizi, A and Mutia, Agustina (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI LAZNAS BAITUL MAAL HIDAYATULLAH DALAM MENGHIMPUN DANA ZAKAT UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DHUAFA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI LAZNAS BAITUL MAAL HIDAYATULLAH DALAM MENGHIMPUN DANA ZAKAT UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DHUAFA KOTA JAMBI)
501171686 ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI LAZNAS BAITUL MAAL.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas promosi dan faktor-faktor penghambat dan pendukung Laznas Baitul Maal Hidayatullah dalam menghimpun dana zakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dhuafa Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil dari penelitian bahwa (1) Efektivitas Promosi Laznas Baitul Maal Hidayatullah Dalam Menghimpun Dana Zakat Untuk Meningkatkan Kesejehteraan Masyarakat Dhuafa Kota Jambi yaitu melalui periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, publisitas, dan pemasaran langsung sudah cukup efektif (2) Faktor-faktor penghambat dan pendukung Laznas Baitul Maal Hidayatullah Jambi dalam menghimpun dana zakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dhuafa Kota Jambi yaitu faktor penghambat antara lain yaitu kurang adanya kesadaran dari masyarakat untuk membayar zakat melalui Baitul Maal Hidayatullah Jambi, masyarakat masih banyak membayar zakat secara langsung kepada mustahik, masih banyak perusahaan dan karyawan yang belum mau membayar zakat melalui Baitul Maal Hidayatullah Jambi, serta faktor Undang-Undang. Sedangkan Faktor pendukung antara lain peran pemerintah, dan adanya kesadaran sebagian masyarakat untuk membayar zakat, infak dan sedekah di Laznas Baitul Maal Hidayatullah Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Efektivitas, Promosi, Laznas Baitul Maal Hidayatullah Jambi, Kesejahteraan Masyarakat, Dhuafa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 26 Nov 2021 11:56
Last Modified: 26 Nov 2021 11:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10673

Actions (login required)

View Item View Item