MANIFESTASI NILAI TABAYYUN DI LINGKUNGAN NAHDATUL ULAMA (NU) DAN MUHAMMADIYAH DALAM PENGELOLAAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA JAMBI

Susanti, Mira and Su'aidi, Su'aidi and Masiyan, Masiyan (2021) MANIFESTASI NILAI TABAYYUN DI LINGKUNGAN NAHDATUL ULAMA (NU) DAN MUHAMMADIYAH DALAM PENGELOLAAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (MANIFESTASI NILAI TABAYYUN DI LINGKUNGAN NAHDATUL ULAMA (NU) DAN MUHAMMADIYAH DALAM PENGELOLAAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA JAMBI)
TESIS MIRA SUSANTI.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh fenomena maraknya berita negatafi bahkan hoaks yang menerpa dua ormas besar Islam, yaitu NU dan Muhammadiyah. Namun, hingga sekarang keberadaan dan eksistensi kedua ormas Islam tersebut tidak terusik dan terus langgeng. Hipotesis peneliti adalah bahwa ada strategi tabayyun yang dilakukan oleh keduanya sehingga dapat meredam pemberitaan tersebut dengan cara yang elegan. Oleh sebab itulah peneliti ingin menjawab pertanyaan penting penelitian ini yaitu:proses tabayyun terhadap isu-isu negatif yang dilakukan oleh NU Kota Jambi, proses tabayyunterhadap isu-isu negatif yang dilakukan oleh Muhammadiyah Kota Jambi, dan komparasi antara NU dan Muhammadiyah di dalam proses tabayyun terhadap isu-isu negatif yang melanda kedua ormas tersebut. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian ini adalah paradigma penelitian kualitatif dengan pendekatan filsafat komunikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa keabsahan datanya dilakukan dengan trianggulasi. Berdasarkan pendekatan yang dilakukan, peneliti berhasil menemukan hal-hal penting berikut ini: (1) Proses tabayyun terhadap isu-isu negatif yang dilakukan oleh NU Kota Jambi dilakukan dengan mengambil beberapa cara, yaitu: (a) Menerapkan nilai-nilai Islam di dalam berkomunikasi, seperti: Kejujuran, adil, wajar dan patut, keakuratan informasi, bebas dan bertanggung jawab, dan kritik konstruktif. (b) Mengecek sumber berita, (c) Mengecek siapa penulis beritanya, (d) Mengecek kapan berita itu dimuat; (2) Proses tabayyun terhadap isu-isu negatif yang dilakukan oleh Muhammadiyah Kota Jambi dilakukan melalui tahapan seperti: (a) Menggunakan etika di dalam berkomunikasi, seperti: fairness, akurasi, babas dan bertanggung jawab, serta krtik konstruktif.(b) Melakukan pengecekan terhadap asal mula berita itu, (c) Mengecek siapa yang menulis berita tersebut, (d) Melakukan komparasi antara berita satu dengan berita yang lainnya; (3) Komparasi antara NU dan Muhammadiyah di dalam proses tabayyun terhadap isu-isu negatif yang melanda kedua ormas tersebut pada prinsipnya sama-sama di dalam hal konsep, akan tetapi di dalam teknis bertabayun nya saja yang mengalami perbedaan.Hal ini dikarenakan kedua organisasi tersebut sama-sama mengambil etika Islam didalam bertabayun untuk merespon berita negatif atau hoaks.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Tabayyun
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi
100 Filsafat dan Psikologi > 101 Teori Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Aqidah Filsafat Islam > Konsentrasi Pemikiran Agama dan Filsafat Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 26 Nov 2021 10:51
Last Modified: 26 Nov 2021 10:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item