ANALISIS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) PERSPEKTIF KEUANGAN PUBLIK ISLAM DI KABUPATEN TEBO (Studi Kasus Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tebo 2020)

ANTAHIYAN, ANTAHIYAN and Mubyarto, Novi and Khairiyani, Khairiyani (2021) ANALISIS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) PERSPEKTIF KEUANGAN PUBLIK ISLAM DI KABUPATEN TEBO (Studi Kasus Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tebo 2020). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) PERSPEKTIF KEUANGAN PUBLIK ISLAM DI KABUPATEN TEBO (Studi Kasus Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tebo 2020))
501171517 ANALISIS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) PERSPEKTIF KEUANGAN PUBLIK ISLAM DI KABUPATEN TEBO (Studi Kasus Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tebo 2020).pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Pergantian pemerintah di Indonesia dari Orde baru menjadi Orde reformasi pada tahun 1998 menuntut pelaksana otonomi daerah yang memberikan kewenangan yang luas, nyata dan bertanggung jawab kepada daerah secara proposional. Setiap tahun daerah/kota menyusun berbagai perancangan yang estimasinya adalah terciptanya kesejahteraan, keadilan dan kemakmuran secara merata. Terwujudnya hal tersebut tidak dapat terlepas dari adanya keseriusan pemerintah daerah dalam mengeluarkan kibijakan dan peraturan daerah terutama dalam bidang ekonomi daerah yang termasuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Konsep APBD modern sebenarnya bisa mengadopsi dari sistem keuangan publik islam yang biasa disebut Baitul Maal yang menerapkan keseimbangan antara yang diterima dengan yang dikeluarkan. Dalam keuangan publik islam, Rasullah saw dan para khalifah pada zaman kerajaan islam selalu berusaha menerapkan kebijakan-kebijakan yang tujuan akhirnya adalah kemaslahatan umat dan menggali semua potensi yang ada pada daerah tersebut untuk dijadikan sumber pendapatan. Namun, pada APBD Kabupaten Tebo potensi zakat yang cukup besar tidak dimasukkan kedalam sumber pendapatan meskipun zakat dapat meringankan beban APBD Kabupaten Tebo dengan prinsip islam. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari: jenis penelitian berbentuk kualitatif, sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu dokumen dalam bentuk nota APBD Kabupaten Tebo tahun 2020 dan sumber data sekunder yaitu literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan deskriptif analisis dengan tahapan proses analisis berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa beberapa hal dalam pengelolaan APBD Kabupaten Tebo yang sesuai dengan pendapatan keuangan publik islam seperti prinsip dasar penarikan pajak dan pengelolaan APBD. Namun, keuangan publik yang menjadikan zakat sebagai sumber pendapatan utama dan pengelolaan zakat yang secara harus terpusat belum sesuai dengan kebijakan pemerintahan Kabupaten Tebo dan zakat diserahkan kepada masing-masing individu. Walaupun belum sepenuhnya sesuai, namun hal tersebut lebih disebabkan oleh perbedaan prioritas kepentingan daerah dan moral hazard para pengelola dilapangan yang menyebabkan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan publik islam di Kabupaten Tebo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah,Persepektif Keuangan Publik Islam
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 26 Nov 2021 09:48
Last Modified: 26 Nov 2021 09:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10658

Actions (login required)

View Item View Item