KIBERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KOTA JAMBI

Dirham Bafadhal, Muhammad and Tarmizi, A and Mutia, Agustina (2021) KIBERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kota Jambi)
501172509 Kinerja Badan Amil Zakat (BAZNAS) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kota Jambi-Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri. Sementara metode deskriprif yaitu penelitian yang menggambarkan data informasi yang mendasarkan dengan kenyataan (fakta) yang diperoleh dilapangan. Dari hasil peneliatian dapat disimpulkan bahwa (1) Dari hasil peneliatian dapat disimpulkan bahwa kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam menyalurkan zakat produktif kurang maksimal. Ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang belum mengetahui adanya program bantuan zakat produktif ini, sehingga program bantuan zakat produktif rata-rata masyarakat mengetahui bukanlah dari pihak BAZNAS Kota Jambi, akan tetapi mengetahui dari pihak lain seperti: kerabat, saudara dan tetangga sekitar.(2) Masih banyaknya kendala kinerja BAZNAS Kota Jambi dalam menyalurkan bantuan zakat produktif seperti tidak adanya pelatihan lanjutan setelah mendapatkan bantuan dan tidak adanya pemberian masukan atau motivasi dari pihak BAZNAS Kota Jambi kepada penerima sehingga bantuan zakat produktif ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Tidak hanya itu, akan tetapi pihak BAZNAS Kota Jambi kurang dalam melakukan evaluasi ke masyarakat yang telah diberikan bantuan tersebut. (3) Strategi dalam meningkatkan kinerja BAZNAS Kota Jambi kurang maksimal dikarenakan hanya terdapat 2 strategi yang sangat berpengaruh dan berpotensi tinggi untuk meningkatkan kualitas kinerja BAZNAS Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kinerja, Badan Amil Zakat Nasional(BAZNAS), Kesejahteraan, kota Jambi
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 26 Nov 2021 09:39
Last Modified: 26 Nov 2021 09:39
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10650

Actions (login required)

View Item View Item