PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TUNGKAL ULU

Utari, Dhea Widya and Badariah, Badariah and Putra, Darma (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TUNGKAL ULU. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu)
skripsi Dhea widya utari1.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu” bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Hasil Belajar IPA dikelas VIII A SMP Negeri 2 tungkal ulu Setelah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 2 Tungkal Ulu dengan jumlah 25 siswa dan 1 guru pengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hasil belajar siswa diukur menggunakan berbagai instrumen. Penilaian pengetahuan siswa dilakukan menggunakan tes soal pilihan ganda, selain itu peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) sangat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dikarenakan siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan siswa akan menjadi lebih aktif. Model pembelajaran problem based learning (PBL) sangat berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan model pembelajarn problem based learning, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang peneliti lakukan dari siklus I dan siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang didapat setiap siklusnya, pada saat prasiklus atau sebelum dilakukannya tindakan nilai rata-rata siswa 52% dengan banyak siswa yang tuntas 4 siswa (16%), dan setelah dilakukannya tindakan siklus I nilai rata-rata siswa 69% dengan jumlah siswa yang berhasil 9 siswa (36%), dan selanjutnya mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II dengan rata-rata nilai 81% dengan jumlah siswa yang berhasil 21 siswa dari 25 siswa 84%. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:07
Last Modified: 26 Nov 2021 07:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item