PENGARUH PENERAPAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG TIMUR

SARINAH, SARINAH and Taridi, Muhammad and Wulanda, Mastarita Nova (2021) PENGARUH PENERAPAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG TIMUR)
SARINAH_208173155.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 18 sungai jambat kevamatan sadu kebupaten tanjung jabung timur pada pokok bahasan Bilangan Bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Metode Problem Solving mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Total dengan mengambil semua populasi menjadi sampel dimana kelas VII A berjumlah 20 siswa sebagai kelas control dan kelas VII B berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essay berjumlah 5 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji t_test dan uji korelasi phi. Dari hasil uji t_test pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 2,024 < 2,839 > 2,713. Karena t_hitung > t_tabel dan dari hasil analisis pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 0,263 < 0,46188 > 0,366 karena φ > r_tabel maka H_0 ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara skor hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Problem Solving lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Metode Ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:11
Last Modified: 26 Nov 2021 04:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item