STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI

SARI, NUR PITA and Anwar, Kasful and Kurniawan, Yudi (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI)
NUR PITA SARI_ 201172357.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam memberikan pembiasaan-pembiasaan keagamaan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peseta didik, seperti sholat, mengaji dan pembiasaan untuk menjadi manusia yang beradap. Tak hanya itu Guru Pendidikan Agama Islam selalu menanamkan hal-hal positif lainnya kepada peserta didik seperti halnya menghargai guru, mengerjakan ujian dengan jujur, mengumpulkan tugas tepat waktu, membantu sesama dan lain sebagainya. Hal ini tentu menjadi tolak ukur kecerdasan spiritual yang dimiliki dari masingmasing peserta didik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi guru Pendidikan Agama Islam yang dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual yaitu memberikan pendekatan keteladan, memberikan motivasi, memberikan pemahaman tentang spiritual, menjelaskan pentingnya adab dan kerjasama dengan orang tua. Menganai hal ini tentu ada faktor pendukung dan penghambat dalam setiap pelaksaanaan. Seperti yang menjadi faktor pendukungnya yaitu peran kepala sekolah, media pembelejaran serta sarana dan prasarana. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat itu sendiri yaitu peserta didik yang malas, tidak disiplin dan tidak fokus saat pembelajaran, jumlah guru dengan peserta didik yang tidak proposional dan karena adanya covid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:56
Last Modified: 25 Nov 2021 12:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

View Item View Item