STRATEGI GURU PAI DALAM MENGHADAPI PRILAKU BULLYING SECARA VERBAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI

LESTARI, PUJI LIA and Anwar, Kasful and Kurniawan, Yudi (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGHADAPI PRILAKU BULLYING SECARA VERBAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI GURU PAI DALAM MENGHADAPI PRILAKU BULLYING SECARA VERBAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI)
PUJI LIA LESTARI_201172373.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Perilaku bullying adalah suatu tindakan negatif yang dilakukan baik secara sadar ataupun tidak sadar. Perilaku ini bertentangan dengan visi dan misi yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk perilaku bullying yang dilakukan peserta didik, bagaimana strategi guru PAI dalam menghadapi perilaku bullying secara verbal pada peserta didik di sekolah serta mencari tahu hambatan dan solusi dalam menghadapi perilaku bullying. Dalam pelaksanaan penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dan untuk memperoleh data, penulis melakukannya dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan adanya aksi bullying secara verbal pada peserta didik seperti memanggil temannya dengan sebutan “bodoh”, “lolo” dan “bengak” ataupun dengan kondisi fisik temannya misal “gendut”, “kurus”, “hitam”, “putih”, “tinggi”, dan pendek. Adapun yang menjadi hambatan yang menghambat guru PAI dalam menghadapi bullying secara verbal yaitu karena sudah menjadi kebiasaan di lingkungan peserta didik dan mereka menganggap bahwa hal itu hanya sekedar candaan saja. Untuk solusi yang diberikan dalam menghadapi bullying secara verbal ini mereka menasehati peserta didik yang melakukan tindakan bullying secara verbal. Guru PAI memiliki strategi untuk menghadapi bullying secara verbal ini yakni terus memberikan nasehat dan arahan kepada peserta didik juga memberi tahukan tentang dampak dari aksi bullying ini dan guru PAI memberikan contoh tauladan yang baik agar peserta didik tidak melakukan bullying secara verbal terus menerus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:58
Last Modified: 25 Nov 2021 12:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10576

Actions (login required)

View Item View Item