PENGARUH PROSEDUR PEMBIAYAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PROSES BAGI HASIL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA JAMBI

Hidayat, Firman and Hasan, Hadri and Habriyanto, Habriyanto (2021) PENGARUH PROSEDUR PEMBIAYAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PROSES BAGI HASIL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA JAMBI. Tesis thesis, Pascasarjana UIN STS Jambi.

[img] Text
TESIS FIRMAN HIDAYAT.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh prosedur pembiayaan, kualitas pelayanan dan Proses bagi hasil secara parsial dan silmultan terhadap keputusan menggunakan pembiayaan mudharabah pada Bank Syariah Indonesia area Jambi. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif dengan metode survey yang dilaksanakan pada beberaba debitur Bank Syariah Indonesia Area Jambi. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik slovin dengan jumlah sampel 93 nasabah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh antara prosedur pembiayaan terhadap keputusan menggunakan pembiayaan mudharabah pada BSI Area Jambi (2) ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan pembiayaan mudharabah pada BSI Jambi (3) ada pengaruh antara Proses bagi hasil terhadap keputusan menggunakan pembiayaan mudharabah pada BSI Jambi (4) ada pengaruh antara prosedur pembiayaan, kualitas pelayanan dan Proses bagi hasil terhadap keputusan menggunakan pembiayaan mudharabah pada BSI Jambi. Penguji Hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini menghasilkan empat hal yaitu: (1) prosedur pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan pembiayaan mudharabah pada BSI Jambi. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengunakan pembiayaan mudharabah pada BSI Jambi. (3) Proses bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan pembiayaan mudharabah pada BSI Jambi (4) Berdasarkan hasil pengujian secara simultan variable prosedur pembiayaan (X1), kualitas pelayanan (X2) dan Proses bagi hasil (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan pembiayaan mudharabah (Y). Adapun kesimpulan penelitian ini adalah semakin baik Proses prosedur pembiayaan, kualitas pelayanan, Proses bagi hasil maka keputusan menggunakan pembiayaan pada BSI area Jambi akan semakin meningkat dengan baik. Dengan implikasi untuk meningkatkan keputusan menggunakan pembiayaaan pada BSI area Jambi dapat dilakukan dengan meningkatkan prosedur pembiayaan, kualitas pelayanan dan Proses bagi hasil.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Prosedur pembiayaan, Kualitas Pelayanan, dan Proses bagi hasil Terhadap Keputusan Menggunakan pembiayaan Mudharabah pada BSI area Jambi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Ekonomi Syariah > Konsentrasi Perbankan dan Lembaga Keuangan Syariah
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 31 May 2022 04:49
Last Modified: 31 May 2022 04:50
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item