DAMPAK PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TIKTOK TERHADAP AKHLAK ANAK DI DESA PEMUSIRAN KECAMATAN NIPAH PANJANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI

HIDAYAH, HIDAYAH and Hasanah, Dewi and Rapiko, Rafiko (2021) DAMPAK PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TIKTOK TERHADAP AKHLAK ANAK DI DESA PEMUSIRAN KECAMATAN NIPAH PANJANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (DAMPAK PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TIKTOK TERHADAP AKHLAK ANAK DI DESA PEMUSIRAN KECAMATAN NIPAH PANJANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI)
HIDAYAH -201172270.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti mengangkat masalah tentang bagaimana perkembangan Sosial Media Tiktok, dampak Sosial Media Tiktok dan upaya orang tua mengatasi dampak negatif menggunakan Sosial Media Tiktok. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni langsung terjun kelapangan mendeskripsikan fenomena, informasi dan data yang dilapangan terkait dengan apa yang telah dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua, anak dan masyarakat. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak di Rt 09 yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi tringulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Analitik. Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa Perkembangan Sosial Media Tiktok di Kalangan anak di Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi mengalami perubahan dan perkembangan yang pesat. Sosial Media Tiktok telah memberikan sedikit dampak negatif terhadap anak, terlihat dari tutur kata, mereka terkadang menggunakan kata-kata yang kurang baik seperti anjing, babi, kampang dan lain sebagainya, yang sering menggunakannya pun hanya ada dua anak laki-laki.Namun orang tua mereka telah menyadari dan melakukan upaya untuk mengatasi hal tersebut. Upaya yang dilakukannya adalah melalui beberapa cara yang pertama membagi waktu, yang kedua melakukan pengawasan, dan yang ketiga memberi pengarahan(nasehat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Perkembangan Tiktok, Dampak Tiktok, Upaya Orang Tua
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 25 Nov 2021 08:59
Last Modified: 25 Nov 2021 08:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10497

Actions (login required)

View Item View Item