KONSEP PEMBENTUKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN (STUDI SURAT LUQMAN AYAT KE-12 SAMPAI 19 DALAM PESPEKTIF TAFSIR AL-MISHBAH)

Khoirunnisa, Alifia and Ghaffar, Abdul and Arifullah, Mohd. (2021) KONSEP PEMBENTUKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN (STUDI SURAT LUQMAN AYAT KE-12 SAMPAI 19 DALAM PESPEKTIF TAFSIR AL-MISHBAH). Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Konsep Pembentukan Akhlak Dalam Al-Qur’an (Studi Surat Luqman Ayat ke-12 Sampai 19 Dalam Pespektif Tafsir Al-Mishbah))
MSQ1823030 Konsep Pembentukan Akhlak Dalam Al-Qur’an (Studi Surat Luqman Ayat ke-12 Sampai 19 dalam Pespektif Tafsir Al-Mishbah) - Lampiran FullText.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh fenomena dekadensi moral yang marak dan meluas terjadi di kalangan masyarakat muslim. Padahal al-Qur’an memberikan pedoman dan ajaran, juga telah memberikan banyak motivasi agar manusia merenungi kandungan-kandungan ayatnya melalui dorongan untuk memberdayakan akal pikirannya memahami dan mengamalkan al-Qur’an. Sehingga terwujudnya akhlak yang mulia. Atas dorongan inilah, maka dalam penelitian ini penulis tertarik untuk mendalami kajian atas penafsiran M. Quraish Shihab dalam kitab tafsirnya yaitu tafsir al-Mishbah yang berkenaan dengan konsep akhlak yang termuat di dalam QS. Luqman ayat 12-19. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian ini adalah paradigma penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretative/ hermeunetik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis isi (content analysis) yang kemudian dielaborasi atau dilengkapi dengan hasil wawancara. Berdasarkan pendekatan yang dilakukan, peneliti berhasil menemukan hal-hal penting berikut ini: (1) Interpretasi surat Luqman ayat 12-19 tentang Metode Pembentukan Akhlak Dalam Perspektif Tafsir Al-Mishbah dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: dengan membangun harmonisasi interaksi antara orangtua dan anak, dengan desain kurikulum dalam keluarga yang berorientasi akhlakul karimah, melakukan metode pembiasaan akhlak dalam diri anak dan mengenalkan kebudayaan. (2) Gambaran Penyimpangan Akhlak Yang Terdapat Dari Surat Luqman ayat 12-19 dalam Perspektif Tafsir Al-Misbah secara ekspilist mendeskripsikan adanya dua puluh bentuk perilaku penyimpangan akhlak seperti mulai dari sikap Kufur sampai kepada perbuatan lisan tidak dijaga/Kasarnya ucapan. (3) Aktualisasi Akhlak pada QS. Luqman ayat 12-19 Dalam Perilaku Kehidupan Sehari-Hari dari Perspektif Tafisr Al-Mishbah di dalam lingkungan masyarakat Provinsi Jambi, khususnya di kalangan generasi muda, secara keseluruhan belum terimplementasikan dengan optimal. Hal ini dikarenakan adanya faktor penghambat seperti: faktor ego manusia, faktor primordial atau taklid, dan faktor keangkuhan, serta adanya ekses globalisasi.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Akhlak, Tafsir, QS. Luqman : 12-19
Subjects: 000 Karya Umum
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Aqidah Filsafat Islam > Konsentrasi Studi Al-Qur'an
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:39
Last Modified: 24 Nov 2021 07:40
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item