UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI RUKUN TETANGGA 12 KELURAHAN BULURAN KENALI KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI

Subagia, Idhari and Anwar, Kasful and Rapiko, Rapiko (2021) UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI RUKUN TETANGGA 12 KELURAHAN BULURAN KENALI KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (Upaya Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Di Rukun Tetangga 12 Kelurahan Buluran Kenali Kecamatan Telanaipura Kota Jambi)
UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI RUKUN TETANGGA 12 KELURAHAN BULURAN KENALI KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak di Rukun Tetangga 12 Kelurahan Buluran Kenali Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Masih terdapat beberapa orang tua yang kurang memberikan pembinaan terhadap akhlak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi orang tua dalam memberikan bimbingan akhlak terhadap anak di Rukun Tetangga 12 Kelurahan Buluran Kenali Kecamatan Telanaipura Kota Jambi dan mengetahui upaya orang tua dalam memberikan bimbingan akhlak terhadap anak di Rukun Tetangga 12 Kelurahan Buluran Kenali Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kurangnya bimbingan akhlak adalah orang tua kurang memberi perhatian, mengawasi serta kurang memperhatikan anak terhadap teman bermainnya. Dikarenakan kendalanya orang tua terlalu sibuk bekerja, sehingga upaya yang harus dilakukan orang tua terhadap anak ialah mengajarkan anak untuk tidak melawan terhadap orang yang lebih tua terutama orang tua, meluangkan waktu untuk bersama anak, membimbingnya, mengawasinya, dan memotivasinya. Dalam membina akhlak anak ini sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan sehari-hari, di Rukun Tetangga 12 Kelurahan Buluran Kenali Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Hasil penelitian ini Menyarankan kepada orang tua untuk bisa meluangkan waktu dalam mengajarkan akhlak yang baik kepada anak-anaknya agar bersikap sopan santun terhadap orang yang lebih tua terutama orang tua dan bisa di terapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Upaya Orang Tua, Pembinaan Akhlak
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:37
Last Modified: 24 Nov 2021 03:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10452

Actions (login required)

View Item View Item