PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG RIBA, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH (STUDI PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KENALI BESAR)

AKRAM SAHAR, ZUL and Miftah, A. A and Fielnanda, Refky (2021) PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG RIBA, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH (STUDI PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KENALI BESAR). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG RIBA, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH (STUDI PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KENALI BESAR))
502171963 Judul - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Bank merupakan suatu tempat transaksi yang sangat penting bagi masyarakat, dimana di zaman modern ini kecepatan transakasi sangat dibutuhkan agar perputaran uang semakin cepat dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Perbankan syariah merupakan suatu sistem yang dikembangkan berdasarkan syariah (hukum) Islam. Indonesia yang sebagian besar penduduknya adalah muslim memberikan peluang yang besar bagi perkembangan bank syariah. Seperti halnya di Kelurahan Kenali Besar yang berada di Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. Masyarakat di kelurahan ini mayoritas adalah pemeluk agama Islam, namun jumlah bank syariah yang tersedia cukup minim yaitu hanya satu buah kantor cabang BSI (Bank Syariah Indonesia) yang dimana sebelumnya adalah Bank BNI Syariah. Walaupun jumlah bank syariah yang berada di kelurahan kenali besar hanya sedikit, namun tidak mengurangi minat masyarakat tersebut untuk menabung pada bank sayariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman tentang riba, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan masyarakat di kelurahan kenali besar menabung pada bank syariah. Adapun menggunakan tiga dimensi untuk mengukur keputusan masyarakat yang memilih menabung pada bank syariah yaitu pemahaman tentang riba, kualitas pelayanan, dan lokasi. Hasil dari analisis uji-F terhadap seluruh variabel indikator menunjukkan bahwa ketiga dimensi secara bersama-sama memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat menabung pada bank syariah, dapat dilihat dari hasil penelitian fhitung > ftabel 42,361 > 3,94 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinan sebesar 55,6% dan sisanya sebesar 44,4% keputusan menabung pada bank syariah dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun hasil dari analisis uji-t diperoleh bahwa masing-masing dari dimensi yaitu pemahaman tentang riba memiliki pengaruh yang positif dan signifikan yaitu sebesar 16,9%, kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan yaitu sebesar 50,8% dan lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan yaitu sebesar 28,6%. Dari uji-t diatas dapat dilihat bahwa dari ketiga variabel memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan masyarakat menabung pada bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Bank Syariah, Keputusan Menabung, Analisis Regresi Berganda
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:04
Last Modified: 24 Nov 2021 03:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10428

Actions (login required)

View Item View Item