PERAN BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN EKSISTENSINYA SEBAGAI RUMAH TUO DI DESA RANTAU PANJANG KECAMATAN TABIR KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

MEKO, MEKO and Rasito, Rasito and Rahman Fitra, Tasnim (2021) PERAN BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN EKSISTENSINYA SEBAGAI RUMAH TUO DI DESA RANTAU PANJANG KECAMATAN TABIR KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERAN BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DAN EKSISTENSINYA SEBAGAI RUMAH TUO DI DESA RANTAU PANJANG KECAMATAN TABIR KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI)
SKRIPSI_MIKO_SIP162378.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menangani pelestarian cagar budaya. BPCB memiliki tugas untuk melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan cagar budaya. Penelitian tersebut meneliti tentang bagaimana peranan Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Existensinya sebagai Rumah Tuo di desa Rantau Panjang di Kabupaten Merangin provinsi Jambi. Penelitian tersebut memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana peranan, kebijakan serta perkembangan yang dilakukan BPCB Provinsi Jambi dalam pelestarian Cagar Budaya dan Existensinya sebagai Rumah Tuo di desa Rantau Panjang Kabupaten Merangin. Ada tiga cara yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dengan pegawai BPCB Provinsi Jambi dan juru kunci Rumah Tuo dan warga di sekitar Perumahan Rumah Tuo Rantau Panjang Kabupaten Merangin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif. Sesuai dengan Permendikbud No.52 tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja BPCB memiliki fungsi melaksanakan penyelamatan, pengamanan, zonasi, pemeliharaan, pemugaran, pengembangan, pemanfaatan, dokumentasi dan publikasi, kemitraan, fasilitasi tenaga teknis dan urusan ketatausahaan BPCB. Upaya pelestarian dari BPCB tersebut dilakukan terhadap pelestarian Rumah Tuo Rantau Panjang Kabupaten Merangin. Hasil peneliian menunjukkah bahwa BPCB Provinsi Jambi sudah mulai melestarikan Cagar Budaya Rumah Tuo Rantau Panjang. Kendala yang dihadapi BPCB dalam pelestarian cagar budaya Rumah Tuo Rantau Panjang adalah sulitnya akses menuju Rumah Tuo Rantau Panjang, sarana pendukung dan pendanaan, serta daya tarik yang kurang. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan pemerintah Provinsi Jambi supaya lebih peduli dengan peninggalan situs bersejarah di Provinsi Jambi khususnya Rumah Tuo Rantau Panjang di Kabupaten Merangin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: BPCB, Pelestarian, Cagar budaya
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 23 Nov 2021 09:51
Last Modified: 23 Nov 2021 09:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

View Item View Item