PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMITMEN BELAJAR SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) I TEBO

Ramna, Ramna and Rosadi, Kemas Imron and Musyaffa, A.A (2020) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMITMEN BELAJAR SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) I TEBO. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Komitmen Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Tebo)
MPA.1822993_Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Komitmen Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Tebo_Lampiran Full Text.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan guna mencari tahu apakah motivasi berprestasi siswa memengaruhi efektivitas pembelajaran mata pelajaran PAI. Pengaruh komitmen belajar pada diri peserta didik bagi efektivitas pembelajaran mata pelajaran PAI. Motivasi berprestasi dan komitmen belajar siswa memengaruhi secara bersamaan bagi efektivitas pembelajaran mata pelajaran PAI. Hasil kajian ini, yaitu: Pertama, motivasi berprestasi (X1) memengaruhi positif dan bermakna bagi efektivitas pembelajaran materi pendidikan agama Islam di SMKN 1 Tebo (Y) yang ditunjukkan dengan Ŷ = 56,4813 + 0,399 X1 Berdasar analisis statistik menghasilkan harga koefisien korelasi (r) sejumlah 0,4210. Dengan demikian hipotesis kerja diterima (H1 : .y1 > 0). Kedua, komitmen belajar pada diri peserta didik (X2) memengaruhi positif dan bermakna bagi efektivitas pembelajaran materi pendidikan agama Islam di SMKN I Tebo (Y) yang ditunjukkan dengan Ŷ = 56,1493 + 0,419 X2. Berdasar analisis statistik menghasilkan harga koefisien korelasi ( r ) sebesar 0,5146 Dengan demikian hipotesis kerja diterima (H1 : . y2 > 0). Ketiga, motivasi berprestasi (X1) dengan komitmen belajar siswa (X2) secara bersamaan memengaruhi positif dan bermakna bagi efektivitas pembelajaran materi pendidikan agama Islam di SMKN I Tebo (Y) yang ditunjukkan oleh Ŷ = 45,6808 + 0,2010 X1 + 0,330 X2. Berdasar analisis statistik menghasilkan harga koefisien korelasi sejumlah 0,5456. Berarti, hipotesis kerja diterima (H1 : . y12 >. 0).

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Motivasi berprestasi, komitmen belajar dan efektivitas pembelajaran
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2021 08:35
Last Modified: 09 Feb 2022 01:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item