PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI PENGOBATAN AIR RAJAHAN DI KELURAHAN TAHTUL YAMAN PELAYANGAN KOTA JAMBI (Studi Living Qur’an)

Nastian, M. Rivli Aqim and Ermawati, Ermawati and Mubarak, Zaki (2021) PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI PENGOBATAN AIR RAJAHAN DI KELURAHAN TAHTUL YAMAN PELAYANGAN KOTA JAMBI (Studi Living Qur’an). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI PENGOBATAN AIR RAJAHAN DI KELURAHAN TAHTUL YAMAN PELAYANGAN KOTA JAMBI (Studi Living Qur’an))
301180070 PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM TRADISI PENGOBATAN AIR RAJAHAN DI KELURAHAN TAHTUL YAMAN PELAYANGAN KOTA JAMBI (Studi Living Qur’an) Lampiran fullteks.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang praktek penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an dalam tradisi pengobatan air rajahan di Kelurahan Tahtul Yaman, wilayah Kota Seberang dikenal dengan kuatnya tradisi keberagamaan dan penggunaan ilmu agama di kalangan masyarakatnya. Sehingga menjadikan Keluran tersebut sampai saat ini masih bertahan dan kokoh keagamanya. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek pengobatan air rajahan dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an di Kelurahan Tahtul Yaman Pelayangan Kota Jambi dan landasan serta pandangan masyarakat terhadap pengobatan dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan motode Living Qur’an sebagaimana memotret dari kehidupan masyarakat yang berkecimpungan dengan Al-Qur’an. Dalam hal ini penelitian menggunakan sebuah teori penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penulisan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan: Pertama penggunaan air rajahan di Kelurahan Tahtul Yaman yaitu mereka menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai media pengobatan. Kedua, landasan yang mendasari pengobatan air rajahan ini bahwa mereka masih berpegang teguh dari isi kadungan Al-Qur’an yang menerangkan bahwa Al-Qur’an adalah sebagai syifa’. Ketiga pandangan masyarakat berkenaan dengan air rajahan yaitu bagus untuk media pengobatan serta memberi dampak yang positif dalam penggunaan air rajahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Air rajahan, pengobatan, Living Qur’an
Subjects: 000 Karya Umum
2x3 Aqidah dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:36
Last Modified: 24 Nov 2021 02:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10402

Actions (login required)

View Item View Item