PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 28 KABUPATEN TEBO

Lili Suryani, TB140463 and Constantin, Constantin and Badariah, Badariah (2018) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 28 KABUPATEN TEBO. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TB. 140463 LILI SURYANI PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI - lili suryani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu melalui pemanfaatan lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Kuasi Eksperimen dengan desain berbentuk Posttest-Only Control Design, pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang diambil secara cluster random sampling.Dilihat dari hasil uji “t” menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T test yang memperoleh nilai 5 % (1,68)dan 1% (2,42). Dari uji efek size dapat dinilai lebih tinggi karena dengan hasil 84 % itu artinya Pemanfaatan Lingkungan Sekolah memberikan efek lebih tinggi terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu.Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran IPA Terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar dan Pemanfaatan Lingkungan sekolah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 26 Feb 2020 04:21
Last Modified: 29 Apr 2020 13:08
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item View Item