KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NIDAUL QUR’AN DI DESA TANJUNG, KECEMATAN BATHIN VIII, KABUPATEN SAROLANGUN

KUSUMA, MAWAR DWI and Sunarto, Sunarto and Wendra, Betri (2021) KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NIDAUL QUR’AN DI DESA TANJUNG, KECEMATAN BATHIN VIII, KABUPATEN SAROLANGUN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NIDAUL QUR’AN DI DESA TANJUNG, KECEMATAN BATHIN VIII, KABUPATEN SAROLANGUN)
MAWAR DWI KUSUMA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran pendidikan Matematika Sekolah Menengah Pertama Nidaul Qur’an di Desa Tanjung, Kecematan Bathin VIII, Kabupaten Sarolangun dimana peneliti ingin mengetahui kemandirian belajar Matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemandirian belajar Matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Nidaul Qur’an di Desa Tanjung, Kecematan Bathin VIII, Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Angket yang digunakan adalah angket kemandirian belajar matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Nidaul Qur’an di Desa Tanjung, Kecematan Bathin VIII, Kabupaten Sarolangun yang berjumlah 30 orang. Teknik data menggunakan deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Nidaul Qur’an di Desa Tanjung, Kecematan Bathin VIII, Kabupaten Sarolangun berdasarkan faktor internal dengan indikator ketidak tergantungan pada orang lain sebesar 31,93%, memiliki kepercayaan diri sebesar 23,66%, berperilaku disiplin sebesar 20,05%, dan memiliki rasa tanggung jawab 24,36%. Faktor eksternal dengan indikator lingkungan keluarga sebesar 39,19%, Lingkungan sekolah sebesar 23,63, dan Lingkungan masyarakat sebesar 37,18%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kemandirian Belajar Matematika
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 Nov 2021 23:09
Last Modified: 23 Nov 2021 23:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10380

Actions (login required)

View Item View Item