PERCERAIAN DI BAWAH TANGAN MENURUT UNDANG-UNDANG PERKAWINAN NO 16 TAHUN 2019 REVISI DARI UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 DI DESA BEDARO DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM

Marlina, Zaipa and Kasir, Ibnu and Sulhani, Sulhani (2021) PERCERAIAN DI BAWAH TANGAN MENURUT UNDANG-UNDANG PERKAWINAN NO 16 TAHUN 2019 REVISI DARI UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 DI DESA BEDARO DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERCERAIAN DI BAWAH TANGAN MENURUT UNDANG-UNDANG PERKAWINAN NO 16 TAHUN 2019 REVISI DARI UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 DI DESA BEDARO DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM)
ZAIPA MARLINA-101170122.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan perceraian di bawah tangan di tinjau dari hukum Islam.Di Indonesia aturan tentang perceraian telah diatur dalam Undang-Undang Perkawinan Nomor 16 Tahun 2019 pasal 39 ayat 1 yang berbunyi “perceraian hanya dapar dilakukan di depan sidang pengadilan setelah pengadilan yang bersangkutan berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak. Namun perceraian yang terjadi di Desa Bedaro Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo perceraian yang terjadi tidak melalui lembaga pengadilan melainkan kesepakatan anatar dua belah pihak saja. Disini terdapat perbedaan antara yang terjadi dilapangan dengan aturan Undang-Undang yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatifyang menggunakanpendekatan wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang sudah peneliti teliti dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama masyarakatpada umumnya sudah mengetahui bahwa peraturan yang di buatoleh pemerintah perceraian yang sah di mata hukum adalah perceraian yang di lakukan di depan sidang pengadilan. Di kerenakan mengurus perceraian di pengadilan terlalu sulit dan membutuhkan biaya maka masyarakat mengambil jalan yang mudah dan praktis.Kedua masyarakat beranggapan perceraian yang mereka lakukan sah menurut agama Islam.Ketiga kalau di persenkan masyarakat yang melakukan perceraian di bawah tangan (di luar Pengadilan Agama) 95% semua nya berpegang teguh pada atauran agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: perceraian di bawah tangan, Hukum Islam
Subjects: 000 Karya Umum
2x4 Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:24
Last Modified: 23 Nov 2021 01:25
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item View Item