PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART & MATHEMATICS (STEAM) DAN LOOSE PARTS DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAKUSIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI III KECAMATAN SUNGAI GELAM

Yeni, Titin and Yennizar, Yennizar and El mawaddah, Minnah (2021) PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART & MATHEMATICS (STEAM) DAN LOOSE PARTS DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAKUSIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI III KECAMATAN SUNGAI GELAM. Tesis thesis, UIN SUlthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TITIN YENI_TESIS.pdf

Download (2MB)
[img] Text (PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART & MATHEMATICS (STEAM) DAN LOOSE PARTS DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAKUSIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI III KECAMATAN SUNGAI GELAM)
TITIN YENI_TESIS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran yang yang dilakukan dengan menggunakan media LooseParts belum maksimal, kata Loose Parts belum familiar, kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan kemampuan berfikir kritis anak belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis STEAM dan Loose Parts dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini, mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran berbasis Steam dan Loose Parts serta mengetahui upaya yang dilakukan mengatasi kendala dalam pembelajaran berbasis STEAM dan Loose Parts. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran berbasis STEAM dan Loose Parts dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun pada lingkup perkembangan belajar dan pemecahan masalah, berfikir logis serta berfikir simbolik di TK handayani III telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan pembelajarannamun implementasi di lapangan pembelajaran berbasis STEAM dan Loose Parts belum dilaksanakan dengan optimal terlihat dari keterbatasan media yang digunakan, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru belum maksimal memberikan dukungan kegiatan (scaffolding) serta guru belum maksimal memberikan kebebasan pada anak untuk mengeksplorasi ide-ide mereka dan memberikan kesempatan pada anak untuk menentukan sendiri pilihan mainnya. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis STEAM dan loose Parts secara efektif dapat meningkatkan kemampuan Kognitif anak usia 5-6 tahun sehingga direkomendasikan pembelajaran ini terus dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak pada lingkup perkembangan belajar dan pemecahan masalah, berfikir logis dan berfikir simbolik.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Pendekatan STEAM,Loose Parts dan Perkembangan Kognitif
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:31
Last Modified: 24 Nov 2021 07:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item