EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR DALAM MENGENALKAN KEAKSARAAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AT-TAQWA II SEBAPO

Zahirma, Zahirma and Yennizar, Yennizar and Rozelin, Diana (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR DALAM MENGENALKAN KEAKSARAAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AT-TAQWA II SEBAPO. Tesis thesis, UIN SUlthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR DALAM MENGENALKAN KEAKSARAAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AT-TAQWA II SEBAPO)
TESIS_ZAHIRMA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan mengenal keaksaraan merupakan bagian dari aspek perkembangan bahasa anak yang perlu dikembangkan dengan memberikan stimulasi secara optimal sejak anak usia dini karena belajar keaksaraan adalah tonggak kurikulum di Taman Kanak-kanak. Tujuan penelitian ini sejalan dengan teori montessori untuk mengetahui: penggunaan media kartu gambar dalam mengenalkan keaksaraan pada anak usia dini lima sampai enam tahun, faktor pendukung dan penghambat penggunaan media kartu gambar dalam mengenalkan keaksaraan, upaya mengenalkan keaksaraan pada anak usia dini lima sampai dengan enam tahun dengan menggunakan media kartu gambar di Taman Kanak-kanak At-taqwa II Sebapo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini dilakukan dilakukan dalam penelitian adalah model analisis mengalir, menurut Hubermen and milis dan mukhtar yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Hasil kesimpulan bahwa dengan menerapkan (1) media kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak, hal ini terlihat dari dengan memperhatikan (2) indikator pencapaian bahasa anak yaitu menjawab Pertanyaan sesuai dengan pertanyaan, menyebutkan kata-kata yang dikenal, (3) memperkaya perbendaharaan kata, dan mengenal simbol-simbol.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: kartu gambar, keaksaraan, anak TK
Subjects: 000 Karya Umum
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:28
Last Modified: 24 Nov 2021 07:29
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item