UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA ALQURAN DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

Lestari, Fitriani and Anwar, Kasful and Muhammad, Habib (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA ALQURAN DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca AlQuran Di SMA Negeri 1 Kota Jambi)
NIM. 201172253-UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA ALQURAN DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca AlQuran Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi ini di latar belakangi oleh kurangnnya minat siswa dalam membaca AlQuran. Permasalahan itu terlihat bahwa dalam proses pembelajaran AlQuran masih ada siswa yang kurang serius, tidak mengerjakan tugas, tidak memperhatikan dengan baik ketika guru menjelaskan, bertutur kata tidak baik/berkata tidak sopan Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan tujuan untuk menyajikan situasi, aktivitas atau perilaku sosial secara rinci dan akurat. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data di peroleh melalui reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Peneliti menemukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas membaca AlQuran siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Jambi diantaranya: melalui pembiasaan tadarus AlQuran sebelum jam pelajaran di mulai, menyediakan fasilitas dan kerja sama orang tua siswa, kegiatan penugasan, serta membangun hubungan baik dengan siswa. Metode yang digunakan guru dalam meningkatkan kualitas membaca AlQuran siswa adalah dengan menggunakan berbagai metode, yaitu metode iqro’, metode qira’ati, dan metode Jibril. Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas membaca AlQuran siswa diantaranya : faktor pendukung yaitu berasal dari bawaan masing-masing siswa dari di luar sekolah, tersedianya sarana yang mendukung, serta fasilitas berupa rumah tahfidz Quran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih kurangnya minat siswa dalam pembelajaran AlQuran, kurangnya dukungan orang tua terhadap anaknya, dan terbatasnya waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Kualitas Membaca AlQuran dan Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:33
Last Modified: 23 Nov 2021 01:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item View Item