PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA KOMIK UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARMA PERTIWI DESA KASANG SOLOK KABUPATEN MUARO JAMBI

Siti Nurbaya, TB110731 and Jamaluddin, Jamaluddin and Mahjardi, (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA KOMIK UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARMA PERTIWI DESA KASANG SOLOK KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TB110731 SITI NURBAYA PENDIDIKAN BIOLOGI - Siti Nurbaya.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran biologi berupa komik untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Darma Pertiwi Kasang Solok Kabupaten Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis komik gambar kartun doraemon pada materi sistem pencernaan manusia di Sekolah Menengah Pertama Darma Pertiwi Kasang Solok Kabupaten Muaro Jambi, untuk mengetahui bagaimanakah validitas, praktikalitas, dan efektifitas media pembelajaran berbasis komik gambar kartun doraemon pada materi sistem pencernaan manusia di Sekolah Menengah Pertama Darma Pertiwi Kasang Solok Kabupaten Muaro Jambi, untuk mengetahui bagaimana respons siswa terhadap pelajaran biologi dengan menggunakan media komik di Sekolah Menengah Pertama Darma Pertiwi Kasang Solok Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian ini termasuk model penelitian pengembangan (Research And Development). Pada penyusunan skripsi ini pengembangan media komik menggunakan model ADDIE. Data yang dianalisis dalam pengembangan media pembelajaran berbasis komik dengan data kualitatif dan kuantitatif. Komik kartun doraemon pada materi sistem pencernaan pada manusia berhasil disusun melalui tahap analisis, tahap desain, dan tahap pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dan berdasarkan uji kelayakan maka diperolehlah uji validasi materi media pembelajaran berbasis komik diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan aspek sebesar 3,68 dikategorikan valid, uji validasi desain sebesar 3,92 dikategorikan valid, penilaian guru biologi sebesar 4,13 dikategorikan sangat valid, dan hasil rata-rata yang didapatkan pada angket respon peserta didik sebesar 4,11 yang berada pada kategori tingkat kepraktisan sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Biologi, Komik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 24 Feb 2020 07:51
Last Modified: 24 Feb 2020 07:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item