PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN

Nurdiansyah, Said Wahyu and Ritonga, Habibudin and Kurniawan, Yudi (2021) PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN KOTA JAMBI)
skripsi said wahyu (2).pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi. Penelitian ini mengguanakan pendekatan penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam pnelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang ingin diperoleh dari metode observasi dan wawancara ini yaitu tentang peran kegiatan ekstrakulikuler kaligrafi untuk meningkatkan kreativitas peserta didik di pondok pesantren Al-Jauharen Melalui pembelajaran Kaligrafi , faktor penghambat dalam penerapan pembelajaran Kaligrafi dan Upaya dalam Mengatasi Faktor penghambat dalam peran kegiatan ektstrakurikuler Kaligrafi ini melalui Pembelajaran Kaligrafi dan Upaya mengatasi Faktor Penghambat dalam Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi untuk meningkatkan kreativitas peserta didik Metode dokumentasi digunakan untuk mencari data tentang Historis, letak Geografis, Visi, Misi, Tujuan dan Strategis, Profil, Struktur Organisasi, Lokasi, Kurikulum, Keadaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunujukkan bahwa guru untuk meningkatkan Kreativitas Peserta Didik dengan melakukan pembiasaaan-pembiasaan Dalam Melaksanakan Pelajaran Kaligrafi nya Secara Mandiri Ketika Jam Pelajaran Selesai,. Faktor yang menjadi penghambat dalam Pelajaran Kaligrafi nya Guru nya Jarang Menghadiri Pada Saat Pelajaran. Upaya dalam mengatasi faktor penghambat adalah dengan memberikan pengarahan dan motivasi kepada Peserta didik, memberikan nasihat, melakukan kerja melakukan kerja sama dengan guru dalam memberikan arahan kepada Peserta didik untuk menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kaligrafi, Kreativitas
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2021 08:34
Last Modified: 19 Nov 2021 08:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10238

Actions (login required)

View Item View Item