MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SINGKEP SELATAN KABUPATEN LINGGA PROVINSI KEPULAUAN RIAU

ADMI, ADMI and Ritonga, Ahmad Husein and Jalaludin, Jalaludin (2021) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SINGKEP SELATAN KABUPATEN LINGGA PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Tesis thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SINGKEP SELATAN KABUPATEN LINGGA PROVINSI KEPULAUAN RIAU)
182855 MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang manajemen kepala sekolah dalam peningkatan mutu lulusan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singkep Selatan Kabupaten Lingga yang meliputi; Pertama, Bagaimana manajemen kepala sekolah, Kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan manajemen kepala sekolah dalam peningkatan mutu lulusan siswa, Ketiga apa upaya manajemen kepala sekolah dalam peningkatan mutu lulusan siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan mengunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa di SMP Negeri 2 Singkep Selatan telah dilaksanakan dengan baik. Kegiatan manajemen kepala sekolah tersebut meliputi; Perencanaan; Pengorganisasian; Pelakasanaan: Monitoring dan evaluasi, 2) Adapun faktor pendukung peningkatan mutu lulusan adalah; a) kuatnya komitmen Kepala Sekolah dan guru. b) Kualifikasi guru yang telah memenuhi standar pendidik S1. c) motivasi belajar siswa yang tinggi. d) adanya partisipasi masyarakat dan stakeholder dalam mendukung program peningkatan mutu lulusan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah; a) Sarana-prasarana sekolah yang belum maksimal. b) SDM guru yang terbatas. c) keterbatasan sumber dana. 3) Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa adalah dengan; a) mengoptimalkan dan menambah sarana prasarana yang ada; b) meningkatkan kompetensi SDM guru. c) Memotivasi guru dan siswa untuk dapat meningkatkan hasil lulusan. d) melakukan kerjasama kepada masyarakat dan stakeholder.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Pascasarjana > Doktoral > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2021 22:01
Last Modified: 23 Nov 2021 22:01
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item