PENERAPAN AKAD PEMBIAYAAN MMQ (MUSYARAKAH MUTANAQISAH) PADA KPR (KREDIT PEMILIKAN RUMAH) SYARIAH SUBSIDI DI BANK 9 JAMBI SYARIAH

ISKANDAR, DEDE and Sucipto, Sucipto and Anita, Efni (2021) PENERAPAN AKAD PEMBIAYAAN MMQ (MUSYARAKAH MUTANAQISAH) PADA KPR (KREDIT PEMILIKAN RUMAH) SYARIAH SUBSIDI DI BANK 9 JAMBI SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN AKAD PEMBIAYAAN MMQ (MUSYARAKAH MUTANAQISAH) PADA KPR (KREDIT PEMILIKAN RUMAH) SYARIAH SUBSIDI DI BANK 9 JAMBI SYARIAH)
EES160335 Judul - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembiayaan akad Musyarakah Mutanaqishah pada KPR Syariah Subsidi di Bank 9 Jambi Syariah, dan ingin mengetahui kendala yang ada dalam pelaksanaan pembiayaan akad Musyarakah Mutanaqisah pada KPR Syariah Subsidi di Bank 9 Jambi Syariah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara wawancara. Wawancara dilakukan dengan pemimpin dan karyawan Bank 9 Jambi Syariah dan serta mengumpulkan data yang bekaitan dengan masalah penulis. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa penerapan akad Musyarakah Mutanaqisah dalam produk KPR Syariah Subsidi sudah sesuai dengan peraturan dengan fatwa MUItentang musyarakah mutanaqisah. Adapun kendala yang sering dihadapi dalam akad musyarakah yaitu kurangnya minat nasabah dalam melakukan pembiayaan akad Musyarakah Mutanaqisah dikarenakan sedikit sulit untuk pelaksanaan pembayaran pokok, hishah, ujrah dan proses pengajuan pembiayaan akad ini sehingga adanya pembiayaan macet, dan kurangnya sosialisasi kepada nasabah dalam penerapan akad ini dimana kebanyakan nasabah menggunakan akad murabahah dalam melakukan pembiayaan dimana modal sepenuhnya milik nasabah dalam melakukan pembiayaan namun pada akad Musyarakah Mutanaqisah terdapat pembagian modal antara nasabah dan bank dalam melakukan pembiayaan KPR yang mana menyebabkan konsep Musyarakah Mutanaqisah kurang berjalan dibanding akad lainnya. Dan adanya ketidaksesuaian kepemilikan aset dalam akad MMQ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Akad, Pembiayaan MMQ, KPR Subsidi Syariah
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 19 Nov 2021 09:39
Last Modified: 19 Nov 2021 09:39
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item