LITERASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI KELURAHAN DURIAN LUNCUK KABUPATEN BATANGHARI PROVINSI JAMBI

Purnamasari, Eka and Yenti, Zarfina and Syamsuddin, Syamsuddin (2021) LITERASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI KELURAHAN DURIAN LUNCUK KABUPATEN BATANGHARI PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (LITERASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI KELURAHAN DURIAN LUNCUK KABUPATEN BATANGHARI PROVINSI JAMBI)
404170972 LITERASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI KELURAHAN DURIAN LUNCUK KABUPATEN BATANGHARI PROVINSI JAMBI LAMPIRAN-FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan remaja kelurahan Durian Luncuk dalam mengakses informasi kesehatan reproduksi, Untuk mengetahui bagaimana kemampuan remaja kelurahan Durian Luncuk dalam Mengevaluasi informasi kesehatan reproduksi dan untuk mengetahui Bagaimana penggunaan informasi kesehatan reproduksi remaja di Kelurahan Durian Luncuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang berjumlah 15 Orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observsi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan peneliti menyatakan bahwa, Literasi kesehatan reproduksi remaja dalam proses mengakses informasi Remaja kelurahan Durian Luncuk belum mampu memahami kesehatan reproduksi, dilihat dari segi kemampuan remaja dalam mengakses, mengidentifikasi kebutuhan informasi kesehatan reproduksi dan penelusuran informasi sangat minim sekali, remaja belum mampu memahami informasi kesehatan reproduksi sehingga mereka tidak faham dan tidak mengerti informasi kesehatan reproduksi remaja dan dampak dari pernikahan diri pada remaja. Tidak ada rasa ingin tau dalam diri remaja itu sendiri untuk mendapatkan atau mencari informasi secara mandiri, padahal informasi tentang kesehatan sudah bisa diakses melalui internet dengan memanfaatkan teknologi yang sangat canggih pada zaman sekarang ini. Kemampuan remaja dalam mengevaluasi informasi dapat dikatakan belum mampu melakukannya karena dilihat dari kemampuan remaja dalam penilaian informasi dan pengaturan informasi hanya dilakukan melalui sumber internet, kemudian hanya sebagian kecil saja mereka yang mampu melakukannya. Kemudian Penggunaan informasi kesehatan reproduksi remaja kelurahan Durian Luncuk juga sangat minim sekali, dikarenakan sebagian besar dari mereka sangat tidak mengerti tentang kesehatan reproduksi pada remaja, tidak ada rasa ingin tau untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, jangankan untuk mengkomunikasikan informasi tersebut kepada orang lain, untuk dirinya sendiri saja belum mengerti dan belum memahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: literasi informasi, kesehatan reproduksi, remaja
Subjects: 000 Karya Umum
000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab dan Humaniora Fakultas Adab dan Humaniora
Date Deposited: 19 Nov 2021 06:35
Last Modified: 19 Nov 2021 06:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10181

Actions (login required)

View Item View Item