PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA AS-SULTHON AL-MERSAM BATANG HARI

BILARINIE, RILTA and Wirman, Rahmi Putri and Hartoyo, Zainal (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA AS-SULTHON AL-MERSAM BATANG HARI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA AS-SULTHON AL-MERSAM BATANG HARI)
RILTA BILARINIE1.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Swasta As-Sulthon Al-Mersam Batang Hari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode True Eksperimental dan desain Posttest Only Control Group Design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Swasta As-Sulthon Al-Mersam Batang Hari. Berdasarkan hasil uji “t” menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dibuktikan dengan hasil uji “t” yang memperoleh nilai thitung> ttabel (2,08 < 3,41 > 2,83) pada taraf signifikan 5% dan 1%. Berdasarkan uji effect size diperoleh ds sebesar 1,45. Hasil ini menyatakan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu siswa di Sekolah Menengah Pertama Swasta As-Sulthon Al-Mersam Batang Hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 18 Nov 2021 08:05
Last Modified: 18 Nov 2021 08:06
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item