PENERAPAN METODE TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SANTRI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU

MARLINA, FARIDA and Anwar, Kasful and Rapiko, Rapiko (2021) PENERAPAN METODE TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SANTRI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN METODE TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SANTRI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU)
201172243 cover-lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an bagi umat muslim merupakan ibadah kepada Allah SWT. Untuk itu seorang anak haruslah diberikan pemahaman serta dibiasakan untuk membaca Al-Qur’an sejak dini. Membaca Al-Qur’an memang tidak mengutamakan pada penyerapan dan pemahaman melalui transfer informasi semata, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan. Untuk itu kemampuan santri perlu dikembangkan melalui peran aktif dan latihan-latihan atau kegiatan-kegiatan yang mampu menunjang kemampuan membaca Al-Qur’an. Metode tartil adalah cara membaca Al-Qur’an dengan cara pelan dan perlahan serta mengucapkan huruf-huruf dari makhrajnya dengan tepat. Membaca dengan pelan dan tepat maka dapat terdengar dengan jelas masing-masing hurufnya, dan tajwid nya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.Inginnmengetahui tentangg penerapan metode Tartil di SekolahhMenengah PertamaaIslam TerpaduuAl-fatih Kota Jambi 2.Ingin mengetahui kendala dan solusi dalam menerapkan metode tartil. 3.Ingin Mengetahui usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkannkemampuannbaca Al-Qur’an santri di SekolahhMenengah PertamaaIslam TerpaduuAl-fatih Kota Jambi Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Tartil untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai kaidah makraj dan tajwid pada santri di SMP IT Al-Fatih Kota Jambi? Apa yang menjadi Kendala/hambatan dalam membaca Al-Qur’an setelah menggunakan metode Tartil pada santri di SMP IT Al-Fatih Kota Jambi ? Dan Bagaimana dengan usaha yang dilakukan Untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an ? Penulis melakukan penelitian secara deskriptif, sehingga hasil yang diperoleh berupa data yang terurai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode tartil sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi santri di SMP IT Al-Fatih Kota Jambi dengan indikator-indikator sebagai berikut: Santri mampu membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid, Santri mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar dan benar, Santri mampu memahami kaidah bacaan dari bacaan Al-Qur’an yang telah dibaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Al-Qur’an, metode tartil dan Santri SMP IT Al-Fatih KotaJambi
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 18 Nov 2021 06:44
Last Modified: 18 Nov 2021 06:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10117

Actions (login required)

View Item View Item