SANKSI PIDANA PERBUATAN CABUL TERHADAP ANAK DIBAWAH UMUR (ANALISIS PUTUSAN HAKIM NOMOR 136/PID.SUS/2019/PN MBN) DAN BERDASARKAN HUKUM ISLAM

Lestari, Maya and Adawiyah, Robi'atul and Alfian, Elvi (2021) SANKSI PIDANA PERBUATAN CABUL TERHADAP ANAK DIBAWAH UMUR (ANALISIS PUTUSAN HAKIM NOMOR 136/PID.SUS/2019/PN MBN) DAN BERDASARKAN HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (SANKSI PIDANA PERBUATAN CABUL TERHADAP ANAK DIBAWAH UMUR (ANALISIS PUTUSAN HAKIM NOMOR 136/PID.SUS/2019/PN MBN) DAN BERDASARKAN HUKUM ISLAM)
102180047 SANKSI PIDANA PERBUATAN CABUL TERHADAP ANAK DIBAWAH UMUR (ANALISIS PUTUSAN HAKIM NOMOR 136PID.SUS2019PN MBN) DAN BERDASARKAN HUKUM ISLAM - Lampiran Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu mengenai pencabulan terhadap anak dibawah umur. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan hukum dan pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Muara Bulian, terhadap pelaku tindak pidana pencabulan terhadap anak dibawah umur. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dimana pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis normatif. Data diperoleh dari literature, Undang-Undang, jurnal, dan skripsi. Analisis data ataupun pengolaan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu pengolaan data, reduksi data dan kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan hukum jaksa penuntut umum dalam surat dakwaannya menggunakan dakwaan alternative. Pertimbangan hakim pengadilan negeri muara bulian menjatuhkan pidana kepada terdakwa yaitu 6 (enam) tahun penjara, dalam putusan ini menurut penulis hukuman yang dijatuhkan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku akan tetapi belum memenuhi unsur keadilan bagi korban terlebih yang menjadi korban adalah anak-anak yang merupakan asset masa depan bangsa. Sedangkan dalam hukum islam pelaku yang muhshan dirajam hingga mati dan yang ghair muhshan dicambuk seratus kali dan diasingkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
2x4 Fiqih > 2x4.5 Jinayat (Pidana Islam)
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:54
Last Modified: 18 Nov 2021 03:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10093

Actions (login required)

View Item View Item