ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK BERLABEL HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN STS JAMBI)

NINGSIH, SILVI and Pangiuk, Ambok and Hafiz, Ahsan Putra (2020) ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK BERLABEL HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN STS JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK BERLABEL HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN STS JAMBI))
EES160609 Judul - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui karakteristik konsumen yang menggunakan produk berlabel halal (2) Mengetahui proses keputusan pembelian terhadap produk kosmetik berlabel halal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bahwa mahasiswi memilih suatu produk kosmetik itu berdasarkan saran dari orang orang terdekat, seperti teman dan keluarga. Dan berdasarkan latar belakang ekonominya. Dalam memilih suatu produk kosmetik mereka tidak hanya semata-mata karena ingin cantik, tetapi juga karena agar produk yang dipilih tidak berefek buruk pada kulit mereka. Maka dari itu mereka lebih mengutamakan produk kosmetik yang ada label halalnya. Selain itu, kebanyakan dari mereka lebih tertarik dengan kosmetik yang ada label halalnya dan pasti harganya terjangkau untuk mereka beli. (2) Proses keputusan pembelian dari : 1. Pengenalan kebutuhan, dimana proses pembelian ini dimulai ketika pembeli menyadari suatu masalah atau kebutuhan yang dipicu oleh lingkungan internal maupun eksternalny. 2. Pencarian informasi, konsumen yang tertarik akan suatu produk kosmetik akan mencari lebih banyak informasi. 3. Evaluasi alternatif, melalui pengalaman dan pembelajaran, informan mendapatkan keyakinan dan sikap untuk memilih suatu produk kosmetik. 4. Keputusan pembelian, keputusan pembelian itu sendiri yaitu kesadaran dari informan akan kebutuhan merek atau jenis kosmetik yang paling disukainya. 5. Perilaku pasca pembelian, tahapan dimana konsumen akan merasa kepuasan dan tidak puas terhadap pilihan produk kosmetik yang dipilihnya. Dari hasil penelitian ini konsumen merasakan kepuasan atas produk kosmetik berlabel halal yang dipilihnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengambilan Keputusan, Kosmetik, Label Halal
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 18 Nov 2021 07:56
Last Modified: 18 Nov 2021 07:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item