PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Anita Dewi Anggara, TB140430 and Malik, Abdul and Suraida, (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
TB140430 Anita Dewi Anggara Biologi - Anita Dewi Anggara.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana hasil belajar biologi siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Jambi dengan menggunakan model pembelajaran SFAE (Student Facilitator And Explaining) pada pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif, menggunakan model pembelajaran SFAE (Student Facilitator And Explaining). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tes. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 orang siswa dan siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 22 orang siswa. Data hasil penelitian di peroleh skor tertinggi di kelas eksperimen adalah 100 dan skor terendah 60 dengan rata-rata 80,68, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 90 dan skor terendah 55 dengan rata-rata 70,68. Berdasarkan perrhitungan menggunakan uji t diperoleh t hitung = 3,68 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh t tabel = 2,02 dan taraf signifikansi 1% t tabel = 2,63 dengan demikian Besar pengaruh antara hasil belajar siswa yang meggunakan model pembelajaran SFAE adalah 86% dan 14% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Sehingga H a diterima, artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model Student Facilitator And Explaining dengan yang tidak menggunakan model Student Facilitator And Explaining di MAN 1 Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: hasil belajar biologi siswa, model SFAE (Student Facilitator And Explaining)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 19 Feb 2020 05:43
Last Modified: 19 Feb 2020 05:43
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item View Item