ANALISIS MINAT MASYARAKAT DESA SUNGAI BAUNG KECAMATAN SAROLANGUN MENGGUNAKAN JASA KEUANGAN DI PERBANKAN SYARIAH

Lestari, Emilia and Arsa, Arsa and Badaruddin, Badaruddin (2021) ANALISIS MINAT MASYARAKAT DESA SUNGAI BAUNG KECAMATAN SAROLANGUN MENGGUNAKAN JASA KEUANGAN DI PERBANKAN SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Analisis Minat Masyarakat Desa Sungai Baung Kecamatan Sarolangun Menggunakan Jasa Keuangan di Perbankan Syariah)
SKRIPSI EMILIA LESTARI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang analisis minat masyarakat Desa Sungai Baung Kecamatan Sarolangun mengunakan jasa keuangan di Perbankan Syariah dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana minat masyarakat Desa Sungai Baung menggunakan jasa keuangan di Perbankan Syariah dan faktor apa saja yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat Desa Sungai Baung menggunakan jasa keuangan di Perbankan Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitaif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Sungai Baung Kecamatan Sarolangun. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data didapat dari masyarakat Desa Sungai Baung dengan menggunakan metode triangulasi sumber, dengan menggabungkan pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jumlah responden sebanyak 31 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Kurangnya minat masyarakat Desa Sungai Baung Kecamatan Sarolangun menggunakan jasa keuangan di Perbankan Syariah. Karena masih banyak sekali masyarakat Desa Sungai Baung yang masih melakukan transaksi pada bank konvensional. 2) Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat Desa Sungai Baung Kecamatan Sarolangun menggunakan jasa keuangan di Perbankan Syariah, yaitu faktor dorongan dari dalam (Internal), faktor motif social, faktor emosional, faktor lokasi, dan faktor promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Masyarakat, Minat, Perbankan Syariah
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 17 Nov 2021 08:47
Last Modified: 17 Nov 2021 08:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10051

Actions (login required)

View Item View Item