PEMBAGIAN HAK WARIS DI DESA LUBUK LANDAI KECAMATAN TANAH SEPENGGAL LINTAS KABUPATEN BUNGO DITINJAU MENURUT QS.AN-NISA AYAT 11

ALFAJRI, MUHAMAD and Kasir, Ibnu and Noveri, Irsadunnas (2021) PEMBAGIAN HAK WARIS DI DESA LUBUK LANDAI KECAMATAN TANAH SEPENGGAL LINTAS KABUPATEN BUNGO DITINJAU MENURUT QS.AN-NISA AYAT 11. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MUHAMAD ALFAJRI. S.H (101170089) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Praktek Pembagian Warisan Di Desa Lubuk Landai, faktor masyarakat Di Desa Lubuk Landai melakukan Pembagian Warisan sama rata dan Pandangan Hukum Islam terhadap praktek Pembagian Warisan Di Desa Lubuk Landai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian maka dapat diketahui hasil penelitian ini bahwa Di Desa Lubuk Landai Pembagian Harta Waris dilakukan secara Adat dengan cara Pembagian Harta Waris dibagi sama rata. Namun ada pertimbangan dari anak laki-laki dan pembagian macam-macam harta yang menyebabkan bagian laki-laki akan diberikan kepada anak perempuan. Dalam pembagian warisan mereka lebih memilih melakukan secara kekeluargaan dan dibagikan sama rata dengan ketentuan di atas sudah terjadi secara turun menurun dan berdasarkan asas suka rela karna menurut masyarakat di Lubuk Landai hal seperti itu lebih memudahkan, adil dan menyejahterakan dalam suatu keluarga untuk tetap rukun. Penyebab terjadinya pembagian harta waris secara adat di desa Lubuk Landai yakni dilakukan karena faktor ekonomi, menghindari perselisihan dalam keluarga, dan sudah menjadi kebiasaan turun temurun masyarakat Desa Lubuk Landai sehingga sulit untuk diubah. Pembagian harta waris yang adil itu ialah sesuai dengan tanggung jawab hak dan kewajiban dari ahli waris itu sendiri. Sehingga ahli waris yang ditinggalkan tidak mengalami kepayahan dalam hidupnya. Maka dalam hal ini pembagian harta waris di desa Lubuk Landai tidak diperbolehkan dengan analisis yang telah dijabarkan di atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Harta Waris, Pembagian Sama Rata, Hukum Islam.
Subjects: 000 Karya Umum
200 Agama
2x0 Islam (Umum)
2x4 Fiqih > 2x4.4 Waris(Farait) dan Wasiat
2x6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:21
Last Modified: 18 Nov 2021 02:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item