KEMAS ULANG INFORMASI DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

AMANDA, YOLANDITA AURELIA and Raudhoh, Raudhoh and Syamsuddin, Syamsuddin (2021) KEMAS ULANG INFORMASI DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (KEMAS ULANG INFORMASI DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)
404171101 cover-lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kemas Ulang Informasi di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses kemas ulang informasi, kendala dalam melakukan kemas ulang informasi, serta dampak kemas ulang informasi terhadap pemustaka di UPT perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan proses kemas ulang informasi dimulai dari pemilihan bahan pustaka yang ingin di alihmediakan lalu bahan pustaka dikemas menjadi bentuk yang diinginkan dalam hal ini adalah skripsi tercetak menjadi non cetak, setelah itu hasil kemas ulang informasi diperiksa sebelum diupload, dan terakhir hasil kemas ulang tersebut diupload ke repository dalam bentuk PDF. Adapun kendala yang dihadapi adalah kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) dan peralatan dalam melakukan kemas ulang informasi. Dua point penting itu yang menjadi kendala signifikan dalam kegiatan kemas ulang informasi. Upaya yang telah dilakukan pihak perpustakaan yaitu sudah mengajukan permohonan untuk mencari penambahan SDM serta pengadaan alat agar kegiatan kemas ulang informasi dapat berjalan dengan lancar. Dampak kemas ulang terhadap pemustaka yaitu memudahkan pemustaka dalam mencari informasi dimana saja dan kapan saja tanpa dibatasi waktu sehingga bisa menghemat biaya dan waktu karena tidak perlu datang ke perpustakaan. Selain itu juga kemas ulang informasi dapat membuat pemustaka mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kemas Ulang Informasi, Perpustakaan Perguruan Tinggi
Subjects: 000 Karya Umum
000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab dan Humaniora Fakultas Adab dan Humaniora
Date Deposited: 17 Nov 2021 08:03
Last Modified: 17 Nov 2021 08:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10044

Actions (login required)

View Item View Item