DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN UMKM KULINER DI KECAMATAN ALAM BARAJO KELURAHAN KENALI BESAR KOTA JAMBI

Putri, Wita Khamala and Sissah, Sissah and Prasaja, Ahmad Syukron (2021) DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN UMKM KULINER DI KECAMATAN ALAM BARAJO KELURAHAN KENALI BESAR KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN UMKM KULINER DI KECAMATAN ALAM BARAJO KELURAHAN KENALI BESAR KOTA JAMBI)
WITA KHAMALA PUTRI (501171806).pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dampak wabah Covid-19 terhadap Pendapatan UMKM di Kecamatan Alam Barajo Kelurahan Kenali Besar serta upaya meningkatkan pendapatan UMKM di masa pandemi. Sebagaimana tujuan diantaranya adalah berdampak pada UMKM kuliner di Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi Kelurahan Kenali Besar. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan Observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pandemi Covid-19 sangatlah berdampak terhadap UMKM. Dimana dampak yang dialaminya saat ini diantaranya : (1) Pelaku usaha mengalami penurunan omzet, (2) Menurunnya tingkat daya beli masyarakat karena berkurangnya aktivitas masyarakat diluar rumah. Ada beberapa upaya pelaku usaha untuk meningkatkan pendapatan saat pandemi ini dengan mempelajari tentang teknologi, memberikan pelayanan yang baik dan tetap menerapkan kebersihan dengan selalu mematuhi protokol Kesehatan, serta memperhatikan kualitas barang yang akan di jual ke pada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: UMKM, Covid-19, Pendapatan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:20
Last Modified: 17 Nov 2021 04:21
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10041

Actions (login required)

View Item View Item