ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGEMBALIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP JAMBI SIPIN

RISMAYANTI, RISMAYANTI and Yusuf, Maulana and Anita, Efni (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGEMBALIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP JAMBI SIPIN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGEMBALIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP JAMBI SIPIN)
502171926 Judul - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dan kendala yang mempengaruhi tingkat pengembalian KUR pada Bank Syariah Indonesia KCP Jambi Sipin. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis kesimpulan adalah sebagai berikut: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengembalian KUR pada Bank Syariah KCP Jambi Sipin yaitu a. restrukturisasi, b. jumlah pembiayaan, c. jangka waktu pengembalian, d. omzet usaha, e. lama/pengalaman usaha. Pada saat pendemi covid-19 restrukturisasi dan jangka waktu pengembalian berpengaruh terhadap tingkat pengembalian KUR. Sedangkan jumlah pembiayaan, omzet usaha dan lama/pengalaman usaha tidak berpengaruh terhadap tingkat pengembalian KUR pada BSI KCP Jambi Sipin. (2) Kendala yang mempengaruhi tingkat pengembalian KUR pada Bank Syariah KCP Jambi Sipin yaitu: a. pendapatan nasabah yang menurun, karena covid-19 banyak usaha yang pengalami pendapatan yang menurun sehingga pengembalian pembiayaan kepada bank tidak berjalan lancar. b. Adanya salah urus dalam pengelolaan usaha atau karena kurang berpengalaman dalam bidang usaha yang mereka tangani. c. Masalah Keluarga. Misalnya, perceraian, kematian dan sakit yang berkepanjangan atau pemborosan dana oleh salah satu atau beberapa orang anggota debitur. d. tidak mempunyai rasa tanggung jawab/niat. Dengan adanya kelonggaran angsuran kredit (restrukturisasi) menimbulkan munculnya rasa tidak bertanggung jawab dan kelalaian terhadap mengembalikan kredit kepada bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Bank, Credit, KUR, Repayment
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 17 Nov 2021 08:13
Last Modified: 17 Nov 2021 08:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10032

Actions (login required)

View Item View Item