PELAKSANAAN PEMBIAYAAN DANA KREDIT USAHA RAKYAT MELALUI AKAD MURABAHAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG PEMBANTU SAROLANGUN

Azharudin, Azharudin and Sissah, Sissah and Subhan, Muhammad (2021) PELAKSANAAN PEMBIAYAAN DANA KREDIT USAHA RAKYAT MELALUI AKAD MURABAHAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG PEMBANTU SAROLANGUN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pelaksanaan Pembiayaan Dana Kredit UsahaAkad Melalui Akad Murabahah Di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu Sarolangun)
502171842 pelaksanaan pembiayaan dana kredit usaha rakyat melalui akad murabahah di bank syariah indonesia (bsi) kantor cabang pembantu sarolangun - lampiran fulltextt.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Proses pengumpulan data dengan cara wawancara. Setelah data didapat maka akan dianalisis tentang Pelaksanaan Pembiayaan Dana Kredit Usaha Rakyat Melalui Akad Murabahah Di Bank Syariah Indonesia. Program pemerintah saat ini yang sedang berlangsung dalam rangka pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah dikenal dengan nama “Kredit Usaha Rakyat (KUR)”. Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit/pembiayaan kepada UMKM-K (Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi) dalam bentuk pemberian modal kerja dan investasi yang didukung fasilitas penjaminan untuk usaha produktif. Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah pembiayaan modal kerja atau investasi kepada debitur individu/perorangan maupun kelompok usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup. Hasil dari penelitian ini adalah Mekanisme akad Murabahah dalam produk pembiayaan dimulai dari melengkapi persyaratan dalam pengajuan pembiayaan Murabahah Bank Syariah Indonesia Sarolangun. Tahapan alur proses pembiayaan dimulai dari inisiasi, pengumpulan data, evaluasi pembiayaan, keputusan pembiayaan dan akad pembiayaan.Kendala dalam ketidak tercapainya target nasabah dalam sektor perdagangan yaitu calon nasabah yang mengajukan Pembiayaan KUR Mikro sudah memiliki fasilitas pembiayaan di bank lain dengan tujuan modal kerja dan riwayat pembiayaan nasabah yang pernah ada masalah, baik karena kemacetan atau keterlambatan bayar sehingga proses tidak dapat dilanjutkan. Solusi yang dilakukan oleh pihak Bank salah satunya memperluas jaringan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat.Selain pihak bank juga berencana untuk melakukan pengembangan pada produk agar tidak kalah dengan produk pembiayaan KUR yang ada pada bank konvensional dan juga menerapkan strategi market mix.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kredit Usaha Rakyat, Murabahah
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:34
Last Modified: 17 Nov 2021 02:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item